2022 06 10

Broken Beach, Keseruan Menjelajahi Alam Nusa Penida

Ketika mendengar Bali, destinasi wisata yang kerap terlintas mungkin adalah pantai Kuta, Sanur, Ubud atau Lovina. Padahal, Pulau Seribu Pura ini punya begitu banyak tempat yang menakjubkan, salah satunya Nusa Penida dengan Broken Beach-nya.

Buat Anda yang sedang mengatur rencana liburan ke Bali dan mencoba menikmati pengalaman yang anti mainstream, yuk ke Broken Beach di Nusa Penida. Ada apa disana? Yuk simak ulasan berikut selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Broken Beach

Memukau dan unik merupakan predikat yang paling pas untuk Broken Beach. Ini lantaran, pantai ini dikelilingi tebing dengan tinggi 50-200 m, dimana airnya masuk dari terowongan atau lubang di dinding tebing.

Lubang tersebut muncul dari abrasi air laut yang terjadi selama ratusan tahun. Inilah mengapa masyarakat setempat memberikan sebutan Pasih Uug atau pantai rusak untuk pantai ini. Sementara wisatawan asing mengenalnya dengan sebutan Broken Beach.

Pantai ini memiliki air laut yang begitu jernih dan tampak kebiru-biruan dengan ombak yang tenang. Anda dapat kehidupan aneka ragam biota laut dengan sangat jelas laut, terutama penyu dan ikan manta.

Keunikan yang dimiliki Pasih Uug bukan hanya dari bentuknya saja yang tampak seperti kolam raksasa, tetapi juga suasana di sekitarnya. Jika pada umumnya tepian pantai dihiasi dengan hamparan pasir, tetapi disini Anda justru disambut dengan hamparan rerumputan hijau yang cantik.

Kegiatan Menarik Di Broken Beach

Tentunya setiap orang punya cara sendiri untuk menikmati suasana liburan. Apalagi di Broken Beach ada banyak kegiatan seru dan menarik yang dapat dilakukan. Berikut ini beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan.

1. Hunting Foto Selfie dan Landscape

Salah satu kegiatan seru yang tak boleh terlewat ketika berada di Pasih Uug adalah mengabadikan momen. Anda dapat berswafoto maupun mengambil foto landscape di sekitar.

Gradasi warna antara tebing yang berwarna kecoklatan dengan air lautnya yang kebiruan dijamin menghasilkan foto lanskap yang instagramable. Bukan itu saja, tebing yang berlubang dan tampak seperti jembatan pun juga bisa dijadikan objek foto yang unik.

Hampir semua sudut di pantai ini begitu mempesona untuk dijadikan latar berswafoto. Bahkan tak sedikit yang mengambil foto pre-wedding di sini.

2. Melihat Ikan Pari Manta dan Lumba-lumba dari Dekat

Jika datang diwaktu yang tepat, Anda bisa melihat ikan pari manta dan lumba-lumba yang berkeliaran di perairan dekat pantai dari atas tebing. Kebanyakan lumba-lumba yang datang tersebut berasal dari Dolphin Beach yang tidak terlalu jauh jaraknya.

3.Tracking ke Hidden Spot

Buat Anda yang punya jiwa petualangan bisa mencoba tracking ke hidden spot dan juga tebingnya yang tinggi. Anda dapat mengitari tebing yang saling terhubung membentuk lingkaran. Pada saat tracking pastikan untuk selalu berhati-hati, karena di spot tertentu rerumputannya cukup lebat dan licin. Bahkan ada batuan karang yang cukup tajam, akan jauh lebih aman jika ada tour guide yang memandu.

Selain mengitari tebing, Anda juga bisa trekking ke beberapa spot tersembunyi yang tak kalah cantik. Salah satunya berupa karang yang berlubang dan bisa jadi background foto yang instagenik. Ketika bersama tour guide, biasanya Anda akan diajak langsung, tetapi jika datang sendirian ini bisa jadi pengalaman yang cukup seru.

4. Menikmati Momen Sunrise dan juga Sunset

Kegiatan favorit yang banyak wisatawan lakukan saat berada ke Broken Beach yakni menikmati sunrise atau menunggu sunset di sore hari. Letaknya yang berada di atas tebing memudahkan Anda untuk menyaksikan keindahan mentari dengan lebih jelas. Tak heran banyak wisatawan yang sengaja melakukan camping di sekitar tebing demi bisa menyaksikan dan merasakan kehangatan sunrise.

Lalu, siangnya mereka berjemur sambil menunggu momen terbenamnya matahari. Bisa dibayangkan betapa serunya suasana momen ini jika dihabiskan bersama pasangan.

Fasilitas yang Tersedia

Pasih Uug merupakan hidden GEMS Nusa Penida yang mulai terekspos. Jangan heran jika di sini belum banyak tersedia fasilitas mandiri seperti di pantai lainnya. Meski demikian, disini sudah tersedia beberapa fasilitas umum pendukung seperti:

  • Toilet
  • Area Parkir
  • Tempat makan dengan sajian lokal
  • Penginapan sekitar 500 m dari lokasi

Tetapi dengan jumlah kedatangan wisatawan yang semakin bertambah, pastinya Broken beach akan segera berbenah untuk memberikan fasilitas terbaiknya.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Broken Beach

Broken Beach berlokasi di Banjar Sumpang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Bali. Untuk sampai kesini, Anda harus menyeberangi selat Badung terlebih dahulu dari Pulau Bali. Rute perjalanannya dimulai dari pelabuhan Padang Bai atau pantai Sanur. Harga tiket penyebrangan dengan fast boat ke Nusa Penida sekitar Rp 75 ribuan per orang dengan waktu perjalanan sekitar Jadwal pemberangkatan kurang lebih selama 30 menit.

Setelah sampai di pelabuhan Toya Pakeh atau Banjar Nyuh, Anda bisa memilih untuk sewa motor atau sewa mobil di Nusa Penida untuk menuju ke lokasi Broken Beach. Sementara untuk memasuki kawasan Broken Beach, hanya cukup membayar biaya parkir sekitar Rp 5 ribuan saja per kendaraan alias gratis.

Demikian tadi informasi menarik tentang Broken Beach di Nusa Penida. Salah satu spot menarik yang masuk dalam Paket Tour Nusa Penida Bali. Anda bisa memilih tujuan favorit yang diinginkan selama tour di Bali sekaligus bisa merencanakan budget Anda sendiri. Yuk buat rencana perjalanan Anda ke Nusa Penida lebih asyik bersama Kutabalitour, sekarang juga!

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.