desa wisata penglipuran bangli

Desa Wisata Penglipuran Bangli – Lokasi dan Tiket Masuk

Desa Penglipuran merupakan salah satu desa wisata yang unik dengan struktur arsitektur tradisional yang sama. Karena kesatuan model arsitektur, Desa Penglipuran sangat terkenal di Bali bahkan di dunia. Desa Wisata Penglipuran mempertahankan sistem Tri Hita Karana, yang selalu menjaga dan melindungi alam sekitar. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan hal wajib yang harus dijaga oleh masyarakat Desa Penglipuran.

Lokasi desa wisata Penglipuran Bangli, Bali

Lokasi Desa Penglipuran ini berada di Desa Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Berjarak sekitar 45 menit berkendara dari pusat kota Ubud dan 30 menit berkendara dari tempat wisata Kintamani. Selain desa terbersih, desa wisata Penglipuran juga memiliki suasana sejuk karena terletak di dataran tinggi sekitar 700 meter di atas permukaan laut.

Sejarah desa wisata penglipuran

Desa Penripuran mulai dihuni pada masa pemerintahan Raja Dwagde Puttu Tangkaban III. Ia berasal dari desa Bayongde, yang penduduknya memiliki keahlian dalam kegiatan keagamaan, adat dan pertahanan. Oleh karena itu, terdapat kesamaan dalam peraturan adat dan struktur arsitektur Penglipuran dan Bayongade.

Asal Mula Nama Penglipuran

Asal kata Desa Penglipuran diyakini memiliki 2 versi yang berbeda.

  1. Pertama-tama, kata Penglipuran berarti “pura pengeling”, “pengeling” berarti peringatan, dan “pura” berarti tempat pemujaan leluhur.
  2. Pandangan kedua berpendapat bahwa kata kenyamanan berasal dari kata “comfort” yang berarti nyaman, dan “lipur” yang berarti ketidakbahagiaan. Alasan persepsi ini adalah konon raja Bangri pada waktu itu sering berkunjung ke desa tersebut untuk bermeditasi dan bersantai. Oleh karena itu, kata penglipuran berarti tempat hiburan.

Terlepas dari struktur arsitektur yang sama, desa Penglipuran masih mempertahankan budaya, tradisi, dan hutan bambunya sesuai dengan prinsip Tri Hita Karana. Hal inilah yang menjadi minat wisatawan yang datang berkunjung.

Daya Tarik Desa Wisata Penglipuran Bangli

  1. Struktur bangunan fasad dan karakter rumah adat desa Penripuran unik dan menyatu.
  2. Bangunan kuno, beratap bambu, tertata rapi, dan memiliki ciri khas lingkungan yang masih alami dan bersih.
  3. Jalanan yang ditumbuhi bebatuan berumput dan taman di sepanjang jalan membuat kami ingin berlama-lama di sini.
  4. Ada sebuah kuil besar yang indah di ujung paling utara, yang digunakan untuk kegiatan keagamaan.
  5. Ada juga hutan bambu yang eksotis di Desa Penglipuran, salah satu spot Instagram top.

Pasilitas yang tersedia di desa wisata ini

  • Tempat wisata ini menawarkan tempat parkir yang luas.
  • Banyak penduduk lokal kemudian mendirikan toko di depan rumah mereka yang menjual berbagai makanan dan minuman Penglipuran seperti klepon Bali, pakaian tradisional Penglipuran, oleh-oleh dan barang-barang lainnya.
  • Tempat wisata ini juga menawarkan pemandu lokal untuk mengantar Anda ke rumah-rumah penduduk.
  • Ada tempat istirahat dan tempat menginap bagi wisatawan

Biaya Tiket Masuk Harus Dibayar

Hampir semua tempat wisata memiliki aturan tersendiri yang memungut biaya masuk bagi pengunjung. Pembayaran Anda mendukung upaya konservasi di Desa Penripuran. Berapa harga tiket Desa Wisata Penripuram?

KategoriDomestikAsing
Dewasa15.00030.000
Anak-anak10.00025.000

Untuk menuju lokasi ini, Anda akan membutuhkan sepeda motor, taksi atau sewa mobil dengan pemandu dan menggunakan jasa paket wisata Bali. Jika Anda ingin ke Air Terjun Batu Lantang tanpa pemandu lokal, Anda bisa menggunakan Google Guide. Namun kami sarankan menggunakan jasa sewa mobil dengan sopir di Bali. Karena dengan pemandu, perjalanan Anda akan lebih cepat dan aman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.