screenshot 1

Hutan Monyet Ubud Bali – Hal yang perlu diketahui sebelum berkunjung

Hutan Monyet Bali Ubud atau Monkey Forest Bali Ubud digunakan sebagai pusat spiritual, ekonomi, pendidikan dan konservasi yang penting bagi Desa Ubud. Ini adalah salah satu cagar alam yang terletak di pusat Ubud, Bali. Nama lengkapnya adalah Mandala Wisata Wenara Wana di Padangtegal. Dan merupakan rumah bagi ratusan kera (Macaca fascicularis).

Selain pusat spiritual, ekonomi, pendidikan dan konservasi Monkey Forest Ubud di Bali, Anda juga dapat melihat 186 jenis pohon di hutan seluas 12,5 hektar. Di mana Anda bisa mendapatkan banyak udara segar.

Berlokasi strategis tepat di jantung Desa Ubud. Hutan Monyet Ubud di Bali adalah hutan hujan tropis kecil yang dihuni oleh kelompok monyet dan hewan tropis lainnya. Melalui masyarakat setempat, hutan tetap alami sepanjang waktu, memungkinkan semua satwa liar hidup dengan lancar.

Informasi lebih lanjut tentang objek wisata hutan monyet Ubud Bali

  1. Lokasi Hutan Monyet ( monkey forest ).
  2. Daya Tarik Cagar Alam
  3. Harga tiket masuk & tempat parkir.
  4. Hal yang perlu di perhatikan selama berkunjung

Lokasi Hutan Monyet Ubud Bali

Terletak di selatan pusat kota, tak jauh dari jalan utama ‘Jalan Monkey Forest, Padangtegal, Ubud. Suaka margasatwa ini dapat dicapai dari banyak tempat selain dari pusat kota Ubud. Di antaranya, sudut timur Ubud dan kawasan selatan Ubud. Jaraknya sekitar 55 kilometer dari Kuta, sekitar 40 kilometer dari Sanur dan sekitar 65 kilometer dari kawasan Nusa Dua.

Pada tahun 2011, sekitar 605 monyet cynomolgus (Macaca fascicularis) tinggal di hutan monyet Ubud. Mereka secara lokal dikenal sebagai monyet vervet di Bali. Tiga kali sehari, staf yang bertugas di taman memberi makan buah-buahan lokal seperti ubi jalar, pepaya, jagung, dan mentimun. Tapi untuk kesehatan monyet. Pengunjung dilarang memberi mereka makanan ringan seperti kacang, kue, kue kering, dan roti.

Daya Tarik dan Sejarah tersembunyi di areal hutan monyet ubud

Selain monyet, Anda juga dapat menemukan 3 kuil kuno yang dibangun pada tahun 1350 di hutan ini. Ada 3 pura di Monkey Forest Ubud, yaitu Pura Dalem Agung Padangtegal, Pura Mata Air Suci dan Pura Prajapati.

1.Pura Dalem Agung Padangtegal (Pura Maut Padangtegal). Disebut juga aula utama. Terletak di barat daya taman. Pura ini digunakan untuk memuja Dewa Hyang Widhi dalam titisan Siwa (Recycler atau Transformer).

2. Kuil Beiji dibangun di barat laut kawasan hutan. Digunakan untuk memuja Tuhan dalam titisan dewi Gangga. Pemandian “Mata Air Suci”, tempat untuk pembersihan dan pemurnian mental dan fisik sebelum upacara keagamaan.

3. Candi Prajapati. Terletak di bagian timur laut taman. Digunakan untuk menyembah Tuhan sebagai titisan Prajapati. Makam yang bersebelahan dengan candi ini menerima jasad almarhum yang dikubur sementara. Sementara itu, mereka menunggu upacara kremasi massal yang berlangsung setiap lima tahun sekali.

 

Pura memiliki peran penting dalam kehidupan spiritual masyarakat setempat. Monyet dan mitos penting dalam tradisi seni Bali. Kawasan hutan kera disucikan oleh masyarakat setempat. Beberapa bagian ditutup untuk umum. Area suci pura ditutup untuk semua kecuali mereka yang ingin berdoa dan mengenakan pakaian salat Bali yang pantas.

Temukan tempat wisata menarik lainnya di dekat hutan monyet Ubud

Hal-hal yang harus diketahui sebelum mengunjungi tempat ini:

  • Jangan memakai atau membawa anting-anting, syal, kacamata. Jika ingin mengambil foto, selalu pegang erat kamera atau ponsel. Sebab, barang-barang tersebut akan menarik monyet untuk mendapatkannya.
  • Berjalanlah di jalur yang disediakan dan jangan melewati area terlarang. Hal ini membuat monyet-monyet menjadi agresif karena monyet-monyet mengira Anda memasuki wilayah mereka
  • Jangan memukul atau melukai monyet, ini akan membuat monyet lain menyerang Anda.
  • Jangan melihat wajah monyet. Karena mereka akan berpikir bahwa mereka dalam bahaya, kemungkinan besar mereka akan menyerang Anda.
  • untuk kesehatan monyet. Oleh karena itu, wisatawan dilarang memberi mereka makanan ringan seperti kacang, kue, cookies, dan roti.

Harga tiket masuk ke hutan monyet ubud

Untuk memelihara kelestarian hutan dan kelangsungan hidup para monyet maka setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Harga tiket terbaru tergantung kateria umur anda

Kateria PengunjungHarga ticket masuk
DewasaRp 80.000/orang
Anak (3 – 12 tahun)Rp 60.000/orang

Waktu dan Cara terbaik berkunjung

Monkey forest ini dibuka untuk pengunjung mulai pukul 8.30 – 18.00 WIB dan memiliki layanan tiket hingga pukul 17.00 WIB. Jika Anda merencanakan wisata di Bali sendiri, cara terbaik untuk menuju ke Bali Monkey Forest di Ubud adalah dengan sepeda motor, di dalam mobil dengan sopir Anda sendiri. Berbekal dari google arah itu mudah untuk menemukan.

 

Tetapi jika Anda benar-benar ingin menikmati liburan Anda dengan nyaman dan aman, kami merekomendasikan transfer pribadi dengan sopir di Bali. Selain mengunjungi monkey forest, Anda bisa menggabungkan beberapa tempat menarik lainnya di Ubud, Bali.

Jika Anda bingung memilih lokasi kombinasi, Anda bisa melihat Paket Wisata Hutan Monyet Ubud dengan Ayunan. One day trip, masuk ke Ubud Monkey Forest sebagai salah satu tempat kunjungan terjadwal,

Nah, setelah mengetahui cara, waktu dan tiketnya, kamu bisa merencanakan wisata monkey forest di Ubud, Bali. Jika Anda masih bingung tentang rencana perjalanan ke Bali, Anda selalu dapat menghubungi kami. Kami dengan senang hati membantu Anda mendapatkan liburan yang aman dan nyaman di Bali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.