pexels marlon trottmann 5819116

Pulau Eksotik di Bali yang Tak Boleh Terlewatkan, Nusa Penida Salah Satunya

Anda mungkin sudah tahu banyak hal tentang Bali. Tapi tahukah Anda soal pulau kecil yang ada di sekitarnya?

Di sekitar Pulau Dewata ini ada beberapa kecil yang nyaris saja terlupakan. Tetapi pulau tersebut justru jadi tempat terbaik dengan keindahan alamnya, sajian momen sunset dan sunrise-nya atau bahkan untuk snorkeling.

Cerita soal pulau-pulau ini kerap tertutup dari cerita tentang keindahan Pulau Bali sendiri. Jadi, jika Anda ingin sejenak melarikan diri dari hiruk-pikuk Bali yang penuh keramaian, naiklah ke speed boat sekarang! dan jelajahi pulau eksotis di Bali lainnya berikut ini.

1. Nusa Penida

Jengah dengan pantai-pantai di Bali yang hampir semuanya sudah dikomersialkan? Jika demikian, coba pergilah ke Nusa Penida! Pulau cantik ini punya banyak keindahan alami yang bisa dibilang masih perawan alias jarang disentuh.

Pulau ini juga menjadi surganya beragam jenis burung endemik, termasuk juga beberapa jenis burung yang terancam punah. Jika berkesempatan ke Nusa Penida, jangan sampai lupa berkunjung ke Goa Giri Putri yang punya stalaktit dan stalakmit yang cantik. 

Goa yang berada di Desa Pakraman ini sangat disakralkan oleh masyarakat setempat, terutama bagi pemuja Dewa Hindu, Shiva. Selain menelusuri goa,  Anda juga bisa bermain-main dengan ikan mola-mola yang kerap muncul di perairan yang ada sekitar Nusa Penida.

2. Nusa Lembongan

Pulau ini dikenal juga sebagai Bali tapi versi yang lebih santai alias slow.

Di pulau ini Anda bisa menikmati penginapan dengan nyaman dan tenang, bebas dari orang-orang yang berkeliling berjualan. Seperti menjajakan souvenir, penjual kaki lima hingga kemacetan di jalan pun hampir tidak ada sama sekali. 

Hanya beberapa motor yang lalu-lalang di jalan dan sangat sedikit sekali. Jadi umumnya, penduduk setempat berkeliling hanya dengan bersepeda atau berjalan kaki saja. Bukankah cocok untuk liburan yang tenang, seolah di private island?

Nusa Lembongan juga punya pantai-pantai cantik sebagaimana cantiknya pantai di Bali yang lainnya. Air lautnya begitu jernih dan suasananya pun terasa menenangkan. Jika ingin merasakan pengalaman yang sedikit berbeda, cobalah menyusuri hutan mangrove dengan menggunakan perahu kecil. Sensasinya, seru banget!

3. Pulau Menjangan 

Bukan hanya tersembunyi, tapi pulau juga tak berpenghuni. Tetapi pulau ini menjadi salah satu destinasi dengan pesona bawah lautnya yang paling cantik di Bali.

Lokasinya memang sedikit terpencil, inilah yang membuat pulau ini seperti tersembunyi. Sehingga, membuat kondisi koral yang ada di bawah lautnya cukup terjaga baik dan menjadi rumah bagi 226 jenis ikan lebih.

Bukan hanya itu, di bawah perairan sekitar Pulau Menjangan terdapat sebuah bangkai kapal yang terbuat dari kayu. Usia kapal tersebut diperkirakan sekitar 150 tahun dan hingga hari ini asal muasalnya masih sangat misterius.

4. Nusa Ceningan

Pulau kecil ini terkadang banyak dilupakan karena dianggap masih satu area dengan Nusa Lembongan. Tetapi jangan salah ada banyak hal yang bisa dilakukan di tempat ini.

Mulai dari ikut memanen rumput laut milik petani setempat, berswafoto di jembatan kuning yang menghubungkan dengan Nusa Lembongan hingga mengintip goa tempat burung walet bersarang di tepi tebing. Seru banget!

Nah, itu tadi beberapa pulau eksotis di Bali yang tak boleh dilewatkan. Anda bisa menggunakan paket wisata ke pulau eksotis tersebut agar liburan lebih terencana dengan baik. Untuk informasi paket dan akomodasi selengkapnya, klik disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.