tirta gangga karangasem bali

Tirta Gangga Karangasem Bali – Keunikan, sejarah, tiket masuk dan lokasi

Hai teman-teman.. Jumpa lagi, kali ini saya akan menulis tentang Tirta Gangga Karangasem, sebuah tempat wisata di Bali. Pernah dengar Tirta Gangga di Bali atau mungkin teman-teman pernah ke sini. Bagi yang belum, yuk cari tahu tentang keunikan, lokasi, harga tiket dan jam buka Tirta Gangga Karangasem di Bali.

Jika melihat peta wisata Bali, Tirta Gangga Bali merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer selain objek wisata Pura Lempuyang. Kedua tempat tersebut terletak di sebelah timur Bali. Jika kita berangkat dari Denpasar akan menempuh jarak sekitar 65 kilometer, dan waktu tempuh lebih dari 2 jam atau lebih tergantung kondisi jalan menuju objek wisata Tirta Gangga Karangasem di Bali.

Namun jika dimulai dari Candidasa, tempatnya juga tidak terlalu jauh. Kami hanya membutuhkan waktu 30 menit dengan sepeda motor atau mobil pribadi. Tentu saja, bersantai di teras dan menikmati alam pedesaan yang menakjubkan.

Sejarah tentang Tirta Gangga Karangasem Bali

Tirta Gangga adalah sebuah kolam labirin peninggalan kerajaan Karangasem pada masa pemerintahan Anak Agung Anglurah pada tahun 1984. Tempat ini merupakan tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Karena letaknya, dibangun di tengah persawahan yang hijau, dengan hutan lindung di utara.

Apa itu Tirta Gangga? Tirta Gangga Water Park adalah labirin kolam dengan air mancur yang dikelilingi taman dan puluhan patung kuno. Istana air ini merupakan bangunan tua namun memiliki arsitektur unik yang dikelilingi oleh persawahan dan perbukitan.

Nama Tirta Gangga berasal dari kata “Tirta”, yang berarti air suci, dan kata “Gangga” diambil dari nama sungai di India. Taman air Tirtagangga Karangasem sebelumnya hancur dalam letusan Gunung Agung tahun 1963. Karena letaknya yang sangat dekat dengan kaki Gunung Agung. Kemudian untuk melindungi peninggalan kerajaan ini, pemerintah kabupaten Karangasem membangun kembali taman tersebut dan menetapkannya sebagai kawasan wisata.

Lokasi Taman Tirta Gangga Bali

Tempat wisata ini lebih dekat dari Pura Lempuyang di Bali jika kita berangkat dari bandara Bali atau daerah Denpasar. Lokasinya berada di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, persis di pinggir jalan raya, sekitar 5 kilometer dari kota Karangasem.

Agak jauh untuk sampai ke tempat wisata ini, jika kita mulai dari kota Denpasar, tapi tidak lelah karena kita bisa melihat pegunungan, desa dan pantai timur Bali yang indah dan bersih. Jika Anda ingin mengunjungi Tirta Gangga di Bali, ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda lewatkan.

Tempat wisata tersebut antara lain: Taman Bali Safari Marine, kawasan wisata Goa Lawah, Padang Bai, Candi Dasa, Desa Tenganan, kemudian via Kota Amlapura (ibukota Kabupaten Karangasem), sekitar 2 jam perjalanan dengan mobil tentunya. Tergantung pada kondisi lalu lintas di jalan.

Saat ini, satu-satunya sarana transportasi menuju Tirta Gangga Karangasem adalah mobil pribadi. Tidak ada angkutan umum untuk mencapai lokasi objek wisata ini. Pengunjung bisa menggunakan sepeda motor sewaan atau mobil sewaan tanpa sopir.

Namun, jika Anda tidak ingin membebani diri dengan perjalanan ke Tirta Gangga, kami sarankan menggunakan jasa sewa mobil dengan sopir. Dengan semua opsi ini, mudah untuk berkeliling Denpasar.

Jam Buka Taman Air Tirta Gangga Karangasem Bali

Jam berkunjung untuk penduduk setempat buka 24 jam. Karena di dalam kawasan taman air Tirta Gangga terdapat sebuah pura, sehingga terkadang dijadikan sebagai tempat persembahyangan bagi warga sekitar. Namun bagi wisatawan yang ingin berkunjung, tempat wisata ini buka dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore.

Siang hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini, tetapi saya merekomendasikan pagi hari lebih baik karena cukup jauh dari kota Denpasar.

Tiket Masuk Taman Tirta Gangga Bali

Untuk mengunjungi objek wisata ini akan dikenakan biaya tiket dewasa sebesar 30.000 per orang dan tiket anak-anak sebesar 15.000 per orang. Selain sebagai spot foto, membayar 10.000 per orang juga bisa menggunakan tempat ini untuk berenang.

Nah ini dia tiket ke Tirta Gangga Bali. Selain itu, kami memiliki informasi daftar tiket tempat wisata di Bali lainnya. Silahkan cek disini tabel tarif tempat wisata di Bali.

Fasilitas yang Tersedia

Walaupun lokasi tempat wisata ini jauh dari pusat wisata seperti Kuta dan Ubud, namun fasilitas penunjang di kawasan ini cukup lengkap, dan terdapat restoran di dalam kawasan water park.

Pemerintah Karangasem memang sengaja mendesain Tirta Gangga sebagai tempat wisata di Bali Timur dengan tempat parkir mobil yang luas. Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata penunjang lainnya seperti rumah pohon, pabrik cola tradisional di kawasan Tirta Gangga.

Spot Menarik Tempat Wisata Tirta Gangga

Daya tarik di Titra Gangga Water Park adalah spot cantik yang berada di tengah-tengah area taman. Di sini, kita bisa menemukan dua kolam kecil dan kolam besar yang di dalamnya terdapat beberapa patung abadi yang berdiri megah. Nah, di sebelahnya ada patung labirin dengan air mancur level 11 yang sangat bagus bernama Nawa Sanga. Inilah yang menjadi daya tarik Tirta Gangga.

Pengunjung akan melihat patung-patung yang tertata rapi seperti tentara. Kita bisa menyusuri kolam di atas kolam dan ada jalan setapak batu yang berjejer seperti rangkaian jembatan. Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang patung di kolam agar terlihat lebih personal.

Fasilitas kolam renang dengan udara pedesaan yang segar dan air yang jernih juga menjadi salah satu alasan mengapa Tirta Gangga di Bali selalu dipadati oleh penduduk lokal dan wisatawan.

Nah itu dia sobat cerdas, sedikit komentar tentang Tirta Gangga Karangasem Bali. Semoga bisa menambah pengetahuan. Jika anda ingin mengetahui tempat menarik lainnya di Bali, klik disini; 15 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.