air terjun tegenungan gianyar bali

Air Terjun Tegenungan Gianyar, Wisata Populer & Hits di Bali

Air Terjun Tegenungan Sukawati Gianyar Bali merupakan salah satu tempat wisata di kawasan Ubud. Terletak di desa Kemenuh, kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia, 30 km dari kota Denpasar. Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter.

Meski tidak terlalu tinggi, drainasenya bagus. Airnya juga bersih dan jernih bagi yang hanya ingin bermain atau mandi air saja. Anda juga dapat melihat candi dan pancuran kecil (pancorans) dari mata air. Air terjun ini berasal dari Sungai Petanu. Tempat ini sering digunakan untuk hal-hal ekstrim seperti melompat dari atas air terjun.

Daya Tarik Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Setelah sampai di tempat parkir, Anda harus berjalan kaki menuju air terjun Tegenungan. Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun, Anda akan melihat banyak toko-toko kecil yang menjual oleh-oleh. Sebelum menuruni anak tangga, Anda sudah bisa melihat pemandangan deretan pepohonan di kedua sisi air terjun.

Air terjun Tegenungan, tingginya sekitar 4 meter, namun perpindahannya cukup besar. Saat musim hujan sekitar bulan September hingga Februari, debit air terjun bisa sangat tinggi. Di bagian bawah air terjun Anda akan dapat menemukan area kecil seperti kolam. Air di kolam renangnya jernih dan cocok untuk yang hanya ingin bermain air atau mandi.

Namun, di musim hujan, disarankan untuk tidak mencoba mandi, karena debit airnya sangat besar. Selain pemandangan air terjun, di lokasi air terjun ini juga dapat dilihat pura dan air mancur dari mata air alami.

Lokasi Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Tempat (objek) air terjun Tegenungan Gianyar ini memiliki nama lain yaitu air terjun Kemenuh. Karena terletak di Desa Kemenuh, Kecamatan Gianyar, wilayah Kabupaten Gianyar Kecamatan Sukawati.

Dari peta, lokasi Air Terjun Tegenungan merupakan lokasi air terjun terdekat di selatan Bali. Sebagian besar air terjun di Bali terletak di daerah pegunungan atau daerah dengan dataran tinggi. Namun Air Terjun Tegenungan merupakan satu-satunya air terjun yang berada di dataran rendah.

Jika Anda menginap di kawasan wisata Ubud, dibutuhkan jarak 10 kilometer untuk mencapai lokasi Air Terjun Kemenuh. 35 km jika Anda dari daerah Kuta. Estimasi waktu tempuh sekitar 90 menit, tentunya dengan normal atau tanpa kemacetan.

Karena letak air terjunnya tidak berada dipinggir jalan. Untuk mencapai atau menemukan lokasi Air Terjun Kemenuh, Anda harus menuruni ratusan anak tangga dari tempat parkir mobil hingga menemukan sungai petani.

Anda tidak akan lelah saat menuruni ratusan anak tangga. Namun rasanya saat harus kembali ke tempat parkir mobil. Karena Anda harus menaiki ratusan anak tangga. Disinilah stamina anda akan diuji. Jadi jika anda tidak memiliki tenaga yang cukup untuk menaiki tangga, kami tidak menyarankan anda untuk mengunjungi objek wisata air terjun ini.

Harga Tiket Masuk & Tempat Parkir di Air Terjun Tegenungan Gianyar

Saat ini, tata letak objek wisata Air Terjun Tegenungan telah diambil alih oleh desa setempat. Memiliki tempat parkir yang luas dan bersih akan membuat pengunjung lebih nyaman. Selain tempat parkir yang luas, Air Terjun Tegenongan sudah memiliki warung makan, toko kecil yang khusus menjual oleh-oleh dan toilet serta fasilitas penunjang lainnya.

Namun, untuk membayar perawatan tempat wisata tersebut, setiap pengunjung akan dikenakan tiket untuk tempat wisata tersebut saat ini. Untuk tiket Anda, Anda akan dikenakan biaya Rs 20.000 / orang. Dengan adanya tiket masuk, objek wisata Air Terjun Alam Tegenungan terus ditingkatkan demi kenyamanan wisatawan.

Hingga saat ini, belum ada sarana transportasi umum di kawasan wisata Air Terjun Gianyatgunungan Bali, sehingga Anda harus membawa kendaraan sendiri. Namun bagi yang belum terbiasa berkendara di jalan yang agak rusak dan sempit, kami sarankan untuk mencari jasa sewa mobil dengan sopir di Bali.

Selain sewa mobil dengan sopir, kami juga menawarkan paket wisata Bali murah termasuk tempat wisata terbaik dan terpopuler salah satunya air terjun Tegenungan Sukawati di Gianyar, Bali. Silakan pilih paket wisata Bali sehari dan sesuaikan dengan minat Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *