air terjun tibumana

Air Terjun Tibumana, Daya Tarik, Lokasi dan Tiket Masuk

Air Terjun Tibumana adalah salah satu air terjun di Gianyar, Bali. Hingga saat ini, Bali tetap menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Memang, tidak ada yang menandingi daya tarik Pulau Dewata Bali, dengan berbagai jenis wisata alam dan budayanya.

Selain pantainya yang indah, Bali juga memiliki alam yang indah. Dan kali ini saya akan mengulas tempat wisata, lokasi dan tiket Air Terjun Gianja Timmana di Bali.

Mari jelajahi panorama alam kabupaten Bangli. Keindahan dan keunikan air terjun ini semakin menarik perhatian para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Air Terjun Tibumana Gianyar

Nama lain dari objek wisata ini adalah Twin Falls. Dari jumlah tersebut, Air Terjun Tibumana memiliki dua lorong air terjun hingga masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Air Terjun Kembar. Ketinggiannya sekitar 20 meter dan uniknya memiliki debit air yang berbeda-beda.

Tergantung pada aliran sungai di atasnya. Jika debitnya rendah pada musim kemarau, maka pengurangan untuk air juga akan kecil. Namun, saat musim hujan, debit air terjunnya sangat tinggi. Tapi ada kolam di bawah air terjun ini dan airnya selalu besar.

Kamu bisa menikmati kolam ini dengan berendam dan berenang. Rasakan segarnya udara di sini. Selain itu, warna unik dari air kolam alami ini adalah airnya yang berwarna biru. Pepohonan di sekitar air terjun pun memukau memukau.

Tempat wisata ini tidak terlalu luas dan masih terlihat sepi saat Anda berkunjung ke tempat tersebut. Anda akan merasakan tempat wisata ini seperti milik Anda sendiri. Benar-benar hebat.

Karena luas Air Terjun Tibumana tidak begitu luas, maka harus datang pada siang hari dan bukan pada saat hari libur. Sebab, kawasan ini akan ramai dikunjungi wisatawan yang ingin mengetahui objek wisata populer tersebut.

Keindahan Air Terjun Tibumana

Hal baik lainnya dari kawasan ini adalah kebersihannya yang diacungi jempol dan kawasan ini bersih dengan sedikit bahkan tanpa sampah. Jadi, jika Anda datang ke sini, Anda harus membawa sisa makanan.

Situasinya benar-benar indah dan alami. Jadi, Anda bisa merasakan udara yang benar-benar segar. Saat ini, terdapat kios-kios yang menawarkan berbagai makanan dan minuman di dekat tempat parkir mobil. Jadi Anda tidak perlu membawa makanan atau minuman saat berkunjung ke Air Terjun Tibumana Gianyar.

Selain itu, yang bikin betah di tempat ini adalah masyarakatnya yang sangat ramah, hampir setiap kali kita bertemu, mereka selalu tersenyum dan sangat membumi. Bagi wisatawan dari luar, kehangatan keluarga baru pasti bisa dirasakan di sini.

Rute dan Lokasi Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana terletak di Jl. Setra Agung, Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali. Kalau dari Ubud kurang lebih 45 menit, dari Kuta kurang lebih 1,5 jam.

Sesampainya di Desa Apuan, pengunjung akan menemukan loket tiket dan tempat parkir yang luas. Kemudian Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Lewati kios-kios kecil dan turuni tangga.

Anda akan mencapai air terjun ini dengan menuruni beberapa anak tangga yang cukup curam. Namun perlu diingat bahwa di musim hujan Anda harus berhati-hati karena anak tangganya licin. Begitu Anda mencapai Air Terjun Tibumana, Anda akan disambut oleh suasana yang benar-benar menakjubkan yang akan membuat Anda terhibur.

Di penghujung, Anda akan melewati jembatan kayu, 2 jembatan harus dilintasi sebelum menuju air terjun. Butuh energi dan keringat. Namun, Anda akan mendapatkan keindahan nyata di sini.

Setelah Anda tiba di Tibumana yang indah, luangkan beberapa menit untuk membaca peraturannya. Demi keselamatan Anda sendiri, yang terbaik adalah mengikuti mereka. Saya juga akan mencantumkan aturan di bawah ini.

  1. Dilarang berenang terlalu kejauhan
  2. Jangan masuk ke dalam goa
  3. Tidak boleh berdiri di dekat tebing
  4. Jangan berenang di bawah air terjun
  5. Dilarang buang sampah sembarangan

Daya Tarik Air Terjun Tibumana Gianyar

air terjun tibumana
air terjun tibumana

Nah, ada daya tarik lain di kawasan ini, terletak di antara dua air terjun, lubangnya agak besar. Gua ini merupakan gua yang konon merupakan jalan menuju Pura Goa Raja Besakih.

Cerita tersebut diyakini diturunkan dari generasi ke generasi. Meskipun, tidak ada bukti nyata bahwa tempat itu berubah menjadi jalan. Sebab, tidak ada yang berani terjun ke lapangan dan mencoba membuktikan cerita tersebut.

Diyakini bahwa masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan berenang. Karena area kolam ini, sering dijadikan tempat bernostalgia. Untuk menghormati ini, Anda tidak bisa mandi di sini

Tempat ini rawan longsor, jadi kalau ke sini juga harus hati-hati. Jangan ceroboh, aman untuk bepergian ke sini.

Tempat wisata Air Terjun Tibumana di Bangli, Bali atau dikenal dengan Air Terjun Tibumana merupakan tempat wisata yang masih asri dan alamnya masih sejuk dan hijau.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tibumana

Tarif masuk kawasan ini hanya Rp 5.000. Ditambah biaya parkir motor sebesar Rp 5.000. Biaya parkir akan dikenakan sebesar Rp 10.000.

Sebelum menjadi salah satu tempat wisata terindah di Bali. Mengorganisir tempat ini tidak mudah. Masyarakat lokal harus bekerja sama. Akses beraspal dan terbuka di sini selama 4 hari penuh.

Air Terjun Tibumana merupakan kawasan wisata di Bali yang memamerkan berbagai jenis tumbuhan yang sangat menarik. Suasana pedesaan yang begitu kental menjadikan tempat ini wajib dikunjungi jika Anda berlibur ke Bali.

Transportasi ke Air Terjun Tibumana Bali

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Air Terjun Tibumana. Anda hanya memiliki dua pilihan transportasi, yaitu: sewa sepeda motor atau sewa mobil dan biarkan pengemudi menjadi pemandu dalam waktu singkat. Saya akan memberi Anda detailnya di bawah ini.

1. Penyewahan sepeda motor

Menyewa sepeda motor di Bali sangatlah mudah. Tanyakan saja di mana Anda tinggal dan kemungkinan besar mereka akan menyewa skuter. Jika tidak, tanyakan kepada staf hotel atau hostel Anda. Sewa motor di Bali bisa menghabiskan biaya sekitar Rp 50.000 hingga 70.000 untuk sehari, tergantung daya tawar Anda.

2. Penyewahan Mobil dengan Sopir di Bali

Pilihan lainnya adalah menyewa mobil dengan sopir di Bali. Biasanya jasa sewa mobil di Bali sudah termasuk sopir dan bbm. Bersama kami (Kuta Bali Tour) Anda dapat menyewa mobil dengan sopir dan berbagai jenis mobil untuk Anda pilih. Diantaranya: New Avanza, Innova Reborn, Toyota Hiace, hingga Toyota Alphard terbaru.

Ini adalah cara terbaik untuk menjelajahi keindahan Bali, baik itu setengah hari (6 jam) atau sehari penuh (11 jam). Anda bebas menentukan tempat wisata yang ingin dikunjungi ke arah Air Terjun Tibumana.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.