candi gunung kawi

Candi Gunung Kawi

Bali yang memiliki segudang wisata serta situs purbakala yang masih di lindungi sampai saat ini sehingga menjadikan Bali bukan hanya tujuan berwisata saja melainkan berwisata sambil belajar serta edukasi bagi para siswa tentang peningalan – peninggalan masyarakat bali terdahulu salah satunya adalah Canding Gunung Kawi yang berlokasi Dusun Penaka Tampak Siring, Gianyar Bali.

Candi Gunung Kawi atau candi tebing kawi merupakan candi yang begitu unik karena candi ini dipahat dengan rapi di dinding batu cadas pada tepian sungai yang di keramatkan oleh masyarakat sekitar yang bernama Sungai Pakerisan. Candi ini di perkirakan telah di bangun pada pertengahan abad ke – 11 masehi pada masa Dinasti Udayana. Pembangunan candi ini diperkirakan dimulai pada masa pemerintahan Raja Sri Haji Paduka Dharmawangsa Marakata Pangkaja Stanattunggadewa (944-948 Saka/1025-1049 M) dan berakhir pada pemerintahan Raja Anak Wungsu (971-999 Saka/1049-1080 M).

Tata Letak Candi Gunung Kawi

 Jika membahas tentang tata letak candi tersebut terdapat sepuluh candi tersebar di tiga titik. Pada sisi timur Sungai tukat pakerisan terdapat lima candi dan dua titik tersebar di sisi barat sungai. Candi yang berada di sisi timur yang berjumlah lima candi di percaya atau dianggap sebagai bagian yang utama dari kompleks Candi Tebing Gunung Kawi tersebut. Pada Sisi Barat sungai tukat Pakerisan terdapat empat candi yang berjejer dari utara sampai ke ujung selatan yang menghadap ke sungai dan satu candi lainnya berada di sisi selatan dari empat candi tersebut yang berjarak sekitar 200 meter dari keempat candi tersebut.

Berwisata ke Candi Gunung Kawi

Panorama keindahan Candi Gunung kawi memang sangat menarik, aliran sungai tukad pakerisan yang airnya begitu jernih akan menambah ketenangan anda saat berkunjung ke objek wisata Candi Gunung kawi tersebut. Berwisata sambil menambah ilmu tentang wawasan peninggalan peninggalan yang unik dan sangat menraik akan menjadikan liburan anda ke bali menjadi lebih menyenangkan.

Bukan hanya berwisata bersama keluarga ataupun bersama teman anda menikmati paket honeymoon bali dengan berkunjung ke objek wisata gunung kawi juga merupakan yang begitu unik dan patut anda coba bersama pasangan tercinta anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − 2 =