goa garba gianyar

Goa Garba Gianyar, Goa Peninggalan Bersejarah yang Sakral

Goa Garba Gianyar adalah salah satu lokasi wisata yang cukup terkenal di Bali. Goa ini adalah salah satu area di Indonesia yang memiliki wisata alam dan budaya yang amat terkenal bahkan sampai ke luar negeri. Ada banyak sekali wisatawan yang datang ke Bali setiap harinya dengan tujuan untuk nikmati wisata alam dan wisata budaya ini.

Goa cantik ini sudah berdiri dari abad 12 masehi dan konon adalah tempat bertapa bagi penduduk Bali pada jaman dahulu.  Bentuk dari Goa Garba nan indah ini juga tergolong unik karena menyerupai ceruk, hal ini karena tempat ini adalah salah satu tempat sakral.

Daya Tarik Wisata Goa Garba

1. Keunikan Goa Garba

Bicara tentang daya tariknya, maka goa itu sendiri yang menjadi daya tarik utamanya. Bentuk goa yang menyerupai ceruk dan disusun dari bebatuan terlihat begitu unik. Lebih-lebih goa yang dianggap sakral oleh penduduk Bali ini juga terletak di atas tinggi sesampai terlihat lebih menakjubkan.

2. Hutan Sekamir

Daya tarik kemudian dari lokasi wisata yang terletak di Pulau Dewata Bali ini adalah hutan sekamirnya. Terdapat banyak sekali pohon yang tumbuh di sekamir wisata budaya ini sesampai membuat pemandangan goa juga menjadi amat alami, selain itu hawa udaranya juga menjadi amat segar dan menggembirakan.

3. Sungai

Di dalam Goa Garba ini juga terdapat sebuah sungai yang dialiri air yang jernih dan segar. Anda bisa membasuh muka dengan air di sungai ini untuk mendapatkan kesegaran yang lebih terasa, selain itu perpaduan antara suara angin yang berhembus di sela dedaunan dan suara aliran sungai akan membuat suasana menjadi lebih tenang.

4. Sejarah

Untuk daya tarik terakhir yang dimiliki oleh tempat wisata yang berada di Kabupaten Gianyar ini adalah sejarahnya. Perlu diketahui, jika Goa ini dibangun pada abad 12 masehi oleh Raja Jayapangus.

Dengan demikian anda bisa mempelajari sejarah tentang Raja Jayapangus di lokasi wisata nan indah ini. Selain itu karena tempat wisata ini adalah salah satu gua tertua di Bali dan adalah tempat sakral maka tidak heran jika ada beberapa wisatawan yang datang hanya untuk bersemedi atau bertapa.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Goa Garba ini terletak di Kec. Tampaksiring, Pejeng Kelod, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Sebagai patokan anda bisa menggunakan area Renon di Kota Denpasar sebagai patokan, jadi dari area Renon di Jl. Tukad Yeh Aya IX ambil jalur kiri kearah pertigaan Jl. Tukad Oos lalu belok kanan lalu belok kiri di perempatan Jl. Tukad Balian.

Terus di Jl. Tukad Balian sampai mendapatkan perempatan Jl. Tukad Bilok lalu belok kanan lalu terus lurus sampai masuk ke Jl. Danau Buyan dan belok kiri masuk Jl. Bypass Ngurah Rai. Sesudah melalui Patung Titi Banda silahkan putar balik lalu belok kiri kearah ke Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.

Ikuti Jl. Prof. Dr. Ida Mantra sampai mendapatkan pertigaan Jl. Pantai Saba sesudah Wisma Legi Boarding House lalu belok kiri dan terus lurus sampai mendapatkan perempatan Balai Banjar Saba. Di perempatan ini silahkan belok kanan untuk tetap di Jl. Pantai Saba lalu masuk ke Jl. Padat Karya Saba dan ada di pertigaan Jl. Raya Tojan.

Dari pertigaan ini silahkan belok kiri lalu belok kiri lagi di pertigaan berdekatan Pertamina untuk masuk ke Jl. Kebo Iwa. Tidak jauh dari belokan sebelumnya anda akan mendapatkan perempatan Jl. Udayana, disini silahkan belok kanan lalu terus di jalan ini sampai anda masuk ke Jl. Banjar Mas.

Terus ikuti Jl. Banjar Mas sampai anda masuk ke Jl. Banjar Taman lalu belok kanan di Perumahan Tukad Tabu masuk ke Jl. Raya Patemon. Sesudah mendapatkan Balai Banjar Bitra anda akan mendapatkan perempatan lagi, disini silahkan belok kiri dan terus lurus sampai masuk ke Jl. Kelusu.

Ikuti Jl. Kelusu sampai anda mendapatkan lokasi tujuan yang terletak di sebelah kanan jalan. Panjang rute dari Kawasan Renon ke Goa Garba diperkirakan sekamir 29 km dengan lama perjalanan yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor adalah sekamir 49 menit.

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Garba

Bagi kamu yang ingin menjelajah ke Goa Garba yang telah ada sejak abad 12 masehi ini, akan dikenakan biaya masuk sebesar adalah Rp 30rb per orang. Harga ini belum termasuk retribusi parkir kendaraan.

Biaya parkir untuk kendaraan roda 2 (sepeda motor) akan dikenakan biaya sebesar Rp 2rb per kendaraan, sementara kendaraan roda 4 (kendaraan roda empat) adalah sebesar Rp 5rb per kendaraan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.