screenshot 2022 07 03 15 25 35 269 com.android.chrome

Goa Giri Putri Nusa Penida, Destinasi yang Tak Boleh Terlewat

Goa Giri Putri Nusa Penida merupakan satu dari sekian destinasi yang cukup populer di Bali. Berlokasi di pulau kecil Nusa Penida, lebih tepatnya di banjar Suana, Goa Giri Putri ini menyuguhkan sesuatu yang tak biasa!

Apanya yang tak biasa?

Bukan hanya menawarkan view di dalam area goa yang mengagumkan, Goa Giri Putri ini juga terbagi menjadi beberapa ruangan yang bikin melongo!

Keindahannya sangat cocok jadi tujuan selanjutnya bagi Anda yang ingin mencari sensasi yang berbeda saat berwisata.

Goa Giri Putri dan Daya Tariknya yang Magis

Hal pertama yang menarik perhatian adalah keramahan penduduk lokal, terutama di kawasan Goa Giri Putri. Jadi, tak perlu was-was untuk menjelajahi kawasan ini. Goa Giri Putri ini sendiri sebenarnya merupakan sebuah pura yang dibangun di dalam gua. Lebih tepatnya berada di ketinggian 150 mdpl dengan area memanjang sekitar 310 m.

Sesuai konsepnya, kawasan ini kerap dijadikan tempat untuk beribadah bagi masyarakat lokal. Nama dari goa ini sendiri diambil dari sosok yang disakralkan dan dianggap sebagai tuhan oleh masyarakat sekitar dan disebut dengan Hyang Giri Putri.

Untuk mencapai kawasan goa tersebut, Anda harus melalui anak tangga yang jumlahnya sekitar 110. Cukup menantang, bukan? Akan tetapi, rasa lelah yang dirasakan akan terbayar lunas, kok!

Sesampainya di bagian anak tangga paling atas yang disebut dengan Padmasana, Anda akan dengan mudah melihat lautan lepas dari atas. Semilir angin berhembus begitu sejuk seolah menemani aktivitas Anda mengunjungi Giri Putri. Selanjutnya, bisa terus menuju ke arah goa utama yang jadi spot khas di kawasan Goa Giri Putri.

Menariknya disini adalah pintu masuk goa yang terbilang kecil daripada goa-goa yang lainnya tetapi ruangan di dalamnya jauh lebih luas. Mulut goa utama ini hanya memiliki lebar 70 cm saja. Sehingga, untuk memasukinya Anda harus berjalan jongkok.

Setelah berhasil melewati mulut goa yang sempit sepanjang 3 meter tersebut, Anda akan sangat tercengang! Lantaran ruangan di dalamnya begitu luas, bahkan mampu menampung pengunjung hingga 5000 orang dalam waktu bersamaan.

Bagi yang ingin mampir ke Goa Giri Putri, fasilitas yang tersedia bisa dibilang cukup memadai. Dari mulai tempat ibadah khusus untuk umat Hindu, warung makan, tempat bersantai dan istirahat, area parkir hingga penginapan yang tak jauh dari lokasi goa.

Sekilas Tentang Goa Giri Putri

Diperkirakan, goa yang termasuk goa terbesar di Nusa Penida ini sudah ada sejak masa Neolitikum. Goa ini diperkirakan memiliki panjang sekitar 262 m dan berada di ketinggian 150 mdpl. Di bagian dalam goa terdapat stalagmit, stalagtit, saluran air maupun hewan seperti kelelawar, ular dan sebagainya yang menghuni kawasan tersebut.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, penamaan Goa Giri Putri diambil dari nama Dewi yang diagungkan masyarakat setempat, yakni Sang Hyang Giri Putri.

Cara Menuju Goa Giri Putri

Transportasi paling mudah untuk sampai ke Goa Giri Putri ini adalah dengan menggunakan mobil atau sepeda motor pribadi. Alasannya, karena akses jalan yang lebih nyaman dan leluasa mengeksplor kawasan di sekitarnya. Sebisa mungkin datang pada cuaca tidak sedang hujan, ya.

Tertarik untuk menikmati keindahan Goa Giri Putri dari dekat? Jika ingin rencana liburan Anda makin seru dan asyik, kunjungi situs Kutabalitour! Ada banyak paket tour dengan penawaran menarik, dengan harga terjangkau dan pilihan tujuan wisata yang menarik.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.