kebun raya bedugul,

Kebun Raya Bedugul, Lokasi dan Harga Tiket Masuknya

Kebun Raya Bedugul merupakan kebun raya terbesar di Indonesia. Terletak di dataran tinggi Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Sekitar 60 kilometer dari Denpasar. Ini adalah tempat wisata favorit bagi keluarga karena cuacanya yang sejuk.

Kebun raya atau kebun raya ini merupakan kebun raya pertama di Bali dan dibangun oleh putra-putra bangsa Indonesia. Pengelolaan dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan struktur organisasinya dipimpin oleh Pusat Perlindungan Tanaman Kebun Raya Bogor.

Sejarah Kebun Raya Bedugul Bali

Dibangun pada 15 Juli 1959, Kebun Raya Eka Karya Bali sebelumnya hanya digunakan untuk membudidayakan tumbuhan runjung. Dengan perubahan status dan luasan, kebun yang berada pada ketinggian 1.250-1.450 meter di atas permukaan laut kini telah menjadi situs konservasi ex situ. Cocok untuk tanaman pegunungan tropis di Indonesia bagian timur. Luas kebun raya yang sebelumnya hanya 50 hektar, kini luas kebun raya menjadi 157,5 hektar.

kebun raya bedugul,
kebun raya bedugul,

Mulailah dengan ide Prof.. inframerah. Kusnoto Setyodiwiryo, direktur Pusat Survei Alam dan direktur Kebun Raya Indonesia. Bersama I Made Taman, Kepala Balai Konservasi dan Pelestarian Alam saat itu, ia ingin mendirikan cabang kebun raya di luar Jawa, dalam hal ini Bali.

Kontak dengan pemerintah daerah di Bali dimulai pada tahun 1955, dan baru pada tahun 1958 pejabat senior yang berkuasa di Bali akhirnya secara resmi mengusulkan kepada Badan Pusat Survei Alam untuk membangun kebun raya di Bali.

Nama Kebun Raya Bali “Eka Karya” diusulkan oleh I Made Taman. “Eka” artinya satu dan “Work” artinya kerja. Sehingga “Eka Karya” dapat dikatakan sebagai kebun raya pertama yang dikenal sebagai karya nasional Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Kebun raya ini terutama digunakan untuk mengumpulkan gymnospermae (tumbuhan jenis konifera) dari seluruh dunia, karena beberapa jenis ini dapat tumbuh dengan baik di kebun raya. Koleksi pertama sebagian besar berasal dari Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas, termasuk araucaria, longevity copper dan masson pine. Jenis tanaman lain yang dikenal di wilayah tersebut sebagai tanaman asli termasuk pinus Lohan dan Casuarina junghuhniana.

Lokasi Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul terletak di kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan, Bali. Bandara Internasional Ngurah Rai berjarak kurang lebih 62,6 km atau kurang lebih 1 jam 14 menit perjalanan. Juga 40 km dari objek wisata Lovina di Bullerang Singaraja.

Lokasi objek wisata ini berada di antara Kabupaten Bulelen dan Kabupaten Tabanan. Dikatakan sangat strategis karena melewati banyak tempat wisata yang searah dengan Kebun Raya Bedugul. Baik dari arah Bullerang atau dari arah Denpasar

Harga Tiket Kebun Raya Bedugul 2022

Sama seperti tempat wisata lainnya, tempat wisata keluarga ini telah memperbarui biaya tiket mulai 1 Januari 2021 sebagai berikut:

  • Tarif tiket Kebun Raya Bedugul, Sabtu & Minggu Rp 30.000/Orang.
  • Harga tiket Kebun Raya Bedugul Senin – Jumat Rp 20.000/Orang.
  • Anak, tinggi di bawah 80 meter, gratis tiket masuk.
  • Parkir kendaraan roda dua Rp 5.000/motor.
  • Parkir mobil roda empat Rp 15.000/mobil (Senin – Jumat).
  • Parkir mobil roda empat Rp 20.000/mobil (Sabtu & Minggu)
  • Parkir bus, Rp 50.000/1 bus.

Jam Buka dan Tutup

Untuk jam kerja atau jam buka dan tutup, Kebun Raya Bedugul ini memiliki waktu yang terjadwal. Tentu saja, Anda tidak bisa datang dan berkunjung 24 jam sehari. Kebun raya ini buka dan tutup pada hari Senin sampai Kamis pukul 08.00 – 16.00 WITA. 08.00 – 12.00 WITA meskipun jam Jumat lebih pendek. Namun buka dari WITA pukul 08:00 – 18:00 pada saat hari libur seperti tanggal, Sabtu dan Minggu.

Wisatawan terpaksa menggunakan mobil pribadi karena minimnya akses transportasi umum yang tersedia. Mulailah dengan sepeda motor, atau gunakan mobil pribadi dengan sopir sendiri.

Jika Anda datang ke Bali untuk berlibur, Anda bisa memilih jasa rental mobil atau motor untuk menuju ke objek wisata ini. Gunakan atau ikuti petunjuk Google Maps untuk lokasi tersebut.

Jika anda baru pertama kali berkunjung ke kebun raya ini, kami sarankan anda untuk mencari jasa sewa mobil dengan sopir dan bbm bali karena jalan menuju lokasi jauh dari pusat kota dan cukup berkelok-kelok.

Namun, penting untuk diingat bahwa di masa pandemi, seperti protokol kesehatan yang diterapkan saat ini, bepergian ke Bali adalah mutlak wajib. Ikuti petunjuk dan aturan yang berlaku, sering cuci tangan, jaga jarak, dan jangan lupa pakai masker. Selamat Liburan Sahabat Perjalanan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.