butterfly park gianyar

Kemenuh Butterfly Park Gianyar, Taman Kupu-Kupu yang Cantik

Kemenuh Butterfly Park adalah taman kupu-kupu yang berfokus pada konservasi dan edukasi di Kabupaten Gianyar, Bali. Taman kupu-kupu ini amat cocok dijadiin menjadi tempat wisata bareng keluarga terutama untuk anak-anak. Selain pemandangan yang indah dari kupu-kupu yang terbang, anak juga bisa belajar tentang metamorfosis binatang ini.

Taman kupu-kupu berada di Gianyar yang tergolong baru ini start diresmikan pada 28 September 2015. Memiliki sekitar 500 ekor kupu-kupu yang ditampung dikandang raksasa. Wisatawan dapat menyaksikannya bahkan mempelajari seluk beluk dari kupu-kupu.

Binatang yang memiliki warna cantik, tubuhnya yang mungil membuat seseorang yang menyaksikannya menjadi terpana. Namun sayang sekali, karena kupu-kupu hanya memiliki hidup rata-rata tidak lebih dari dua minggu. Untuk itu, taman ini jadi alternatif untuk budidaya kupu-kupu.

Daya Tarik Kemenuh Butterfly Park

1. Lokasi yang Strategis

Lokasi taman kupu-kupu termasuk dalam area strategis. Letaknya terletak di pinggir Jl. Raya Kemenuh, yang bisa diakses memakai kendaraan pribadi.

Selain itu, Kemenuh Butterfly Park juga terletak di satu area wisata Ubud Bali seperti wisata Monkey Forest Ubud, Aire Terjun Tegenungan, Bukit Campuhan.

Lokasi taman kupu-kupu juga hanya berjarak 29 kilomtr dari tempat wisata Badung seperti Wisata Kuta, Seminyak, dan wisata Cangu. Namun jika dari Bedugul, bisa ditempuh kurang lebih 1,5 jam dengan berkendara.

Jadi, kamu bisa langsung mendapatkan nuansa liburan di sederet tempat tersebut yang lokasinya searah dengan taman kupu-kupu Kemenuh.

2. Fasilitas Wisata yang Edukatif

Mengunjungi taman kupu-kupu ini kamu akan mendapat pengetahuan tentang kehidupan kupu-kupu. Tempat ini amat cocok dijadiin menjadi tempat liburan terutama bagi anak-anak perempuan. Selain mendapatkan pemandangan yang alami, kamu juga dapat belajar bereksperimen.

Binatang bersayap ini termasuk dalam spesies serangga yang perjalanan hidupnya amat unik. Siklus kehidupan kupu-kupu dikenal sebagai metamorfosis.

Adapun fakta memesona dari pengetahuan tentang kupu-kupu yang ternyata akan lebih cepat berkembang di saat musim penghujan. Pada musim ini udaranya terasa sejuk sesampai sumber masakan yang dihasilkannya banyak.

Jika kamu datang di waktu yang tepat, maka kamu dapat menyaksikan pemandangan kupu-kupu yang bertelur di daun-daun.

3. Memiliki Nuansa yang Alami

Selama proses pengamatan kehidupan kupu-kupu pasti kamu akan merasakan nuansa yang amat asri. Banyak pepohonan dan tanaman hijau di lokasi Kemenuh Butterfly Park, karena metamorfosis kupu memang berpengaruh terhadap keterletakan tanaman.

kamu juga akan mendapatkan areal persawahan di berdekatan taman kupu-kupu. Pemandangan hamparan tanaman padi yang hijau menambah kesejukan dan keasrian di lokasi ini.

4. Dapat Melihat Puluhan Spesies Kupu

Memasuki museum kupu-kupu kamu akan disuguhkan oleh berberbagai ragam spesies kupu antaranya ada spesies Ideopsis Hypesea, Vindula Erota, Euple Corina. Rapilio Demolius, Papilio Polytes, Euple Phanaereta, Cethosis Hypesea, Papilio Memmon, Grapium Agamemnon, Papilio Helenus, Tridoes Helena, dan banyak lagi yang lainnya.

Dari banyaknya spesies kupu-kupu di taman ini, maka tak heran jika banyak wisatawan yang ingin menyaksikan langsung keelokan dari kupu-kupu.

5. Spot Foto Menarik

Hampir setiap lokasi di taman ini cocok untuk dijadiin menjadi spot foto yang memesona. Tidak hanya keelokan untuk selfie, tetapi keelokan metamorfosis kupu-kupu juga menjadi ikon unggulan untuk didokumentasikan.

Areal persawahan yang lokasinya berdekatan dengan taman kupu-kupu biasanya juga dijadiin menjadi spot foto yang intagramable. Dapat pula mengambil spot yang berlatar kandang raksasa kupu-kupu di berdekatan lobby taman.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Taman kupu-kupu ini berada di Jln. Raya Kemenuh tepatnya di Desa Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Lokasinya amat strategis karena berdekatan dengan sederet wisata di Ubud Bali. Dari kota Denpasar kearah Kemenuh Butterfly Park hanya ditempuh sekamir 40 menit menggunakan kendaraan. Sedangkan jarak dari Bandara kurang lebih 35 kilomtr.

Rute perjalanan dari Denpasar adalah melalui patung bayi yang ada di Desa Sahka lalu belok ke kanan kearah Jl. Raya Kemenuh. Kurang lebih 400 mtr dari patung bayi tersebut ke arah timur kamu sudah dapat mendapatkan lokasi Butterfly Park yang ada di sebelah kiri jalan raya.

Harga Tiket Masuk Kemenuh Butterfly Park

Untuk dapat menyaksikan kehidupan kupu-kupu yang lucu di tempat ini, pengunjung akan dikenakan tarif yang sedikit lumayan harganya. Hal ini mengingat bahwa perawatan kupu-kupu membutuhkan biaya yang besar sesampai tarif yang dikenakan juga sebanding dengan daya tarik keelokan yang dihasilkan.

Untuk pengunjung dewasa, pengelola membebankan biaya masuk sebesar Rp 100rb per orang. Adapun untuk anak-anak dikenakan Rp 50rb per anak. Tentu ini tergolong masih murah mengingat daya tarik alam yang tersaji di Kemenuh Butterfly Park.

Demikianlah info memesona seputar Kemenuh Butterfly Park yang dapat kamu jadikan tempat liburan sekaligus belajar di Gianyar, Bali. Lokasinya yang strategis membuat kamu semakin gampang untuk mendapatkannya. Selamat berwisata di taman kupu-kupu ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.