Objek Wisata Pura Tanah Lot

Objek Wisata Pura Tanah Lot

Jika berbicara tentang Bali, tentu kita tak lepas dari keindahan panorama, budaya serta bangunan bangunan suci yang tersebar di seluruh wilayah pulau bali. Banyak wisata yang anda bisa temukan di bali seperti wisata budaya, wisata pantai, wisata religi hingga wisata kulinernya yang begitu menggoyang lidah. Dari sekian banyak wisata yang di suguhkan pulau bali, wisata Pura Tanah Lot merupakan salah satu objek wisata bali yang menjadi daya tarik parpengunjung yang ingin menikmati keindahan pulau bali. Bukan hanya di kalangan wisata domestic semata wisatawan asing juga berlomba lomba ingin menikmati keindahan objek wisata Pura Tanah Lot.

Objek Wisata Pura Tanah Lot

Sebelum anda berkunjung ke pura tanah lot simak beberapa informasi  berikut yang wajib anda tahu sebelum berkunjung ke wisata tersebut.

  1. Sejarah Singkat Pura Tanah Lot

Pura Tanah lot yang berlokasi di Beraban, kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan – Bali yang mempunyai legenda di sebutkan pada abad ke – 15 Bagawan Dhang Hyang Nirartha atau Dang Hyang Dwijendra menyebarkan agama Hindu dari pulau Jawa ke Bali. Pada saat berkuasanya Raja Waturenggong di Bali, beliau menyambut baik kedatangan Dang Hyang Nirartha dalam menjalankan semua misinya tersebut. Pada saat itu Dang Hyang Nirartha melihat Sinar Suci yang di pancarkan di kawasan desa beraban tersebut. Beliau mencari asal muasal sinar suci tersebut dan tibalah di suatu desa yang di sebut dengan desa Beraban.

Pada saat itu desa Beraban di Pimpin oleh seorang raja yang menganut ajaran monotheisme yaitu Bendesa Beraban Sakti yang menentang ajaran Dhang Hyang Nirartha. Kemudian Dhang Hyang Nirartha melakukan meditasi di atas batu karang yang menyerupai seekor burung yang sebelumnya berada di daratan. Dengan kekuataan atau kesaktian yang di milikinya Dhang Hyang Nirartha memindahkan batu tersebut ke tengah laut. Batu karang tersebut di beri nama dengan Tanah Lot atau batu karang yang berada di tengah laut. Bukan hanya itu saja Dhang Hyang Nirartha juga mengubah selendang nya menjadi seekor ular untuk menjaga pura tersebut.

Setelah terjadi peristiwa tersebut Bendesa  Beraban Sakti takjub dan mengakui kesaktian Dhang Hyang Nirartha dan menjadi pengikut Dhang Hyang Niratha sehingga menjadi pemeluk agama Hindu bersama semua penduduk desa setempat.

Sebelum Dhang Hyang Nirartha meninggal desa tersebut, beliau memberikan sebuah Keris yang di percaya memiliki kekuatan akan menghilangkan semua penyakit yang menyerang tanaman. Semenjak itu hasil panen penduduk sekitar menjadi melimpah dan rakyat pun menjadi makmur dan sejahtera.  Sumber dari Wikipedia.

  1. Gua Ular Suci

Selain  menyuguhkkan beberapa keindahan objek wisata pura tanah lot ini tepat di sebelah pura tak jauh dari lokasi pura terdapat gua kecil yang berisi ular suci. Ular suci tersebut di yakini sebagai penjaga Pura Tanah Lot tersebut. Jenis ular ini merupakan ular laut yang memiliki warna belang yaitu hitam dan putih serta memiliki ekor berwarna putih. Bagi para wisatawan yang beruntung bisa menyaksikan atau berphoto dengan ular tersebut tetapi harus di dampingi pawang yang selalu berada di lokasi tersebut.

  1. Air Suci di dalam Gua

Masih di kawasan Pura Tanah Lot juga terdapat Gua kecil yang memiliki air suci yang mengalir dari dalam gua. Anehnya lagi air tersebut terasa sperti air tawar padahal lokasi gua tersebut masih beradadi tengah laut. Mata air ini di sucikan atau di keramatkan oleh masyarakat sekitar. Mata air ini juga sering di jadikan sarana upacara keagamaan oleh umat Hindu di seluruh Bali. Untuk para wisatawan juga dapat mencoba air suci ini dengan meminum atau hanya dengan membasuh muka saja. Air suci ini di percaya dapat menyembuh berbagai macam penyakit dan banyak lagi khasiat air suci ini yang masih di percaya oleh masyarakat sekitar.

Pesona Objek Wisata Pura Tanah Lot

Pesona wisata Pura Tanah memang memiliki keunikan yang sangat luar biasa, selain bisa menikmati indahnya pura yang berdiri kokoh di batu karang para wisawatan juga bisa menikmati wisata menarik yang ada di kawasan pura tanah lot.

Bagi sebagian wisatawan menikmati indahnya sunset atau matahari terbenam di kawasan Pura Tanah Lot merupakan momen yang sangat menyenangkan. Deburan ombak yang mengiringi sang matahari mulai terbenam akan menambah rasa yang begitu mempesona apalagi anda ke bali sambil menikmati Paket Honeymoon Bali yang begitu romantis.

BACA JUGA : Paket Honeymoon Bali  4 Hari 3 Malam Nusa Penida 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *