pantai melasti

Pantai Melasti Ungasan Bali, Keunikan dan Tiket Masuknya

Pantai Melasti Ungasan memili daya pikat dan dikenal sebagai saingan Pantai Pandawa – Bali memiliki banyak destinasi wisata alam dengan panorama yang indah. Salah satu tempat wisata utama di Bali adalah pantai-pantai di bagian selatan pulau. Jika disebutkan satu per satu, jelas Bali memiliki banyak nama pantai yang terkenal. Pantai ini juga merupakan destinasi yang wajib dikunjungi bagi setiap pengunjung Pulau Dewata.

Diantara pantai-pantai terpopuler di Bali yang tak kalah indahnya adalah Pantai Melasti. Pantai ini terletak di Desa Ungansha, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Patong, dan sebelumnya dalam tahap pembangunan kembali. Saat ini, proyek renovasi telah selesai, dan kawasan wisata pantai lebih indah. Berikut beberapa informasi menarik tentang Pasir Anggan Pantai Melos.

Pesona Pantai Melasti

Selain pemandangannya, pantai ini selalu memiliki pesona yang unik dari warna pasirnya. Bali memiliki pantai pasir hitam. Sedangkan beberapa pantai lain di Bali memiliki pasir putih dan menjadi pantai yang terkenal. Salah satunya adalah Pantai Kuta yang merupakan simbol Bali dan Pantai Petitenget. Ternyata Wisata Pantai Melasti juga memiliki pasir putih yang sama banyaknya dengan kedua pantai tersebut.

Tidak hanya unik dengan pantai pasir putihnya, Pantai Melasti juga membuat banyak orang penasaran. Karena pantai ini awalnya merupakan pantai tersembunyi yang baru ditemukan belakangan ini. Lokasinya yang berada di balik perbukitan kapur yang tinggi membuat pantai ini jarang terjamah. Hingga rekonstruksi terakhir, Pantai Melasti terkenal.

Sejarah Nama Pantai Melasti Ungasan

Sebagian besar nama pantai diambil dari nama daerah tempat mereka berada. Beberapa pantai juga dinamai berdasarkan sejarah atau cerita tertentu dari orang-orang terdahulu. Meskipun Pantai Melasti mengambil namanya dari adat masyarakat setempat (kebanyakan Hindu) saat melakukan melasti atau ritual pembersihan.

Melasti adalah istilah untuk ritual tradisional Hindu yang dilakukan sebelum Nyepi. Lokasi yang biasanya dipilih adalah mata air, misalnya laut, danau, dan selalu disesuaikan dengan daerah.

Nama Pantai Melasti sebenarnya bukan satu-satunya di Bali. Pantai yang terletak di Kabupaten Tabanan, Bali ini juga menyandang nama yang sama. Kemudian untuk membuat kedua pantai tersebut terdengar berbeda, maka kawasan wisata Pantai Melastee di Ungansha ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Melastee Ungansha. Dan pantai Melaste lainnya yang biasa dikenal dengan nama Pantai Melaste Selatan Taba.

Keunikan dan Daya Tarik

Setiap pantai di Bali memiliki keunikannya masing-masing yang menjadikan pantai ini sangat cocok untuk tujuan wisata terpopuler saat ini, inilah keunikan yang dapat Anda temukan

wisata pantai melasti
wisata pantai melasti

 

1. Disebut Pesaing Pantai Pandawa

Nama Pantai Pandawa cukup familiar di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Awalnya, Pantai Pandawa juga merupakan pantai tersembunyi. Pantainya juga berada di belakang gunung. Setelah dibukanya jalan sub gunung, banyak wisatawan mulai berdatangan ke Pantai Pandawa. Bahkan pantainya selalu dipadati wisatawan, terutama saat hari libur.

Dengan banyak kemiripan dengan Pantai Pandawa, Pantai Melasti dikenal sebagai pantai baru untuk menyaingi Pantai Pandawa. Identifikasi awal kedua pantai tersebut sama. Jika Pantai Pandawa ramai, Pantai Melasti kini menjadi destinasi wisata lainnya. Dengan pemandangan yang hampir sama, berwisata ke Pantai Melaste bisa menghadirkan pengalaman liburan seru yang sama.

2. Akses Jalan yang Menantang Adrenalin

Konon Pantai Melasti awalnya berada di balik bukit yang menjulang tinggi. Proses pembangunan kembali dengan membelah bukit kini bisa dijadikan akses menuju pantai. Dengan lokasi seperti ini, tak heran jika Pantai Melaste bisa ditempuh menuruni bukit dan menanjak melalui jalan yang berkelok-kelok. Inilah tantangan adrenalin dalam perjalanan menuju Pantai Melaste.

Saluran yang memacu adrenalin jangan dijadikan alasan untuk tidak mengunjungi Pantai Melaste. Jalan menuju pantai sudah diaspal dengan aspal tebal dan mulus. Selain itu, jalan beraspal cukup lebar untuk membuat perjalanan lebih nyaman. Baik dengan sepeda motor atau mobil, pengunjung dijamin bisa mencapai kawasan wisata Pantai Melaste tanpa repot.

3. Aktivitas Favorit adalah Foto Prawedding

Keindahan Pantai Melaste sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk foto pernikahan mereka. Bukan tanpa alasan mengapa pantai ini menjadi lokasi paling populer untuk foto prewedding. Selain pemandangan yang menakjubkan, ada banyak spot foto yang bisa dipilih di pantai ini. Foto prewedding pengantin dapat disetting dengan background tebing atau pantai dan laut.

Siapapun yang ingin mengambil foto pernikahan di Pantai Melaste harus membayar biaya untuk menggunakan lokasi tersebut. Biaya yang dikeluarkan sebanding dengan fasilitas yang diterima kedua mempelai dan kru fotografi, seperti kamar rias khusus dan toilet terpisah. Berfoto di kawasan wisata Pantai Melaste dijamin membuat momen prewedding semakin berkesan.

Sarana atau Fasilitas di pantai melasti

Meski merupakan kawasan wisata baru di Bali, Pantai Melasti sudah memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Fasilitas seperti toilet, tempat cuci kaki dan ruang ganti sudah berada di tepi pantai. Fasilitasnya juga sangat bagus dan bersih. Biaya ke toilet saat ini masih diterima oleh pengurus rumah tangga, yaitu tidak ada biaya khusus.

Dari segi fasilitas makanan, tidak banyak restoran dan sejenisnya di kawasan wisata Pantai Melasti. Hanya ada beberapa, dan ada juga yang masih toko yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan. Oleh karena itu, wisatawan harus membawa makanan dan minuman sendiri. Nantikan semakin banyak pilihan tempat kuliner di pantai ini di masa mendatang.

Fasilitas lain di kawasan Pantai Melaste masih dalam tahap perencanaan pembangunan. Salah satunya adalah rencana pengadaan fasilitas penunjang kegiatan maritim, seperti jet ski dan banana boat. Meski begitu, wisatawan sudah bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang dan snorkeling. Kedua aktivitas tersebut aman karena Pantai Melaste memiliki ombak yang tenang dan air yang jernih.

Area Parkir Luas

Setelah memasuki kawasan wisata pantai, pengunjung bisa langsung menemukan area parkir. Tidak sulit untuk masuk ke area parkir mobil Melles Beach karena luasnya. Pengunjung bebas memilih area parkir yang diinginkan. Bahkan pengunjung masih leluasa berpindah tempat parkir untuk memudahkan akses ke fasilitas tertentu. Tempat parkir mobil yang sangat luas inilah yang membuat pengunjung merasa nyaman.

Pengelola Kawasan Wisata Pantai Melasti secara khusus membangun tempat parkir yang sangat luas. Hal ini dirancang untuk memberikan fasilitas yang maksimal bagi pengunjung. Selain itu, lahan parkir yang luas juga menjadi persiapan kawasan wisata yang terkenal itu. Tentu saja, semakin banyak turis setiap hari, tidak hanya pada hari libur.

Termasuk destinasi wisata baru yang namanya tidak sepopuler pantai lainnya, namun Pantai Melasti layak untuk dikunjungi. Pemandangannya begitu indah dan berpadu sempurna dengan fasilitas yang ditawarkan. Pengunjung dijamin akan merasakan liburan yang tak terlupakan di kawasan wisata Pantai Melaste.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Pantai Melasti

 

Jika anda ingin masuk ke objek wisata pantai Ungasan Melasti ini, anda akan dikenakan biaya tiket. Mengapa membebankan tiket? Karena biaya masuk yang Anda bayarkan akan digunakan untuk biaya konstruksi, pemeliharaan, dan menjaga kebersihan area pantai.

Lalu berapa harga tiket Melasti Beach Ungasan di Bali? Di bawah ini adalah tiket masuk dan biaya parkir Pantai Melasti Ungasan.

KATEGORI HARGA TIKET
Tiket Masuk Anak-anak 3.000/ orang
Tiket Masuk Dewasa 8.000/ orang
Parkir Mobil 5.000/ mobil
Parkir Sepeda Motor 2.000/ mobil

Untuk mengunjungi tempat wisata ini anda bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor, taxi, atau menggunakan kendaraan pribadi dengan sopir sendiri. Bila anda datang untuk berlibur di Bali menggunakan layanan sewa mobil atau motor adalah pilihan transportasi menuju pantai melasti. Gunakan atau ikuti petunjuk google map untuk lokasi pantai ini.

Apabila anda baru pertama kali mengunjungi pantai ini, kami sarankan mencari jasa sewa mobil dengan sopir dan bbm Bali,  karena jalanan menuju pantai berliku-liku dengan kemiringan jalan curam.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.