pura gelap besakih karangasem

Pura Gelap Besakih Karangasem, Pura Unik dg Panorama Memukau

Pura Gelap Besakih Karangasem adalah salah satu tempat yang musti di kunjungi di tanah Bali. Berbagai tempat wisata pastinya tidak akan ada habisnya, dikarenakan tempat wisata yang amat banyak dan berberbagai ragam. Destinasi tersebut distart dari keelokan pantai, perbukamin, wisata kuliner, sampai tempat peribadatan atau tempat persembahyangan. Salah satu wisata yang wajib dikunjungi adalah datang di Pura Gelap Besakih.

Pura ini adalah salah satu tempat persembahyangan bagi umat agama Hindu yang ada di Karangasem, Bali. Selain dijadiin menjadi sebagai tempat persembahyangan, pura ini juga dinobatkan sebagai pura terbesar di Indonesia. Hal ini dikarenakan karena dalam satu wilayah ini bukan hanya terdapat satu pura saja, melainkan terdapat banyak pura, sesampai memberi kesan besar dan megah.

Bagi wisatawan yang datang di pura nan megah ini akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang amat indah dan cantik ini. Keindahan alam dapat dilihat oleh wisatawan dari atas tinggi Pura Gelap Besakih. Selain nikmati keelokan alam yang ada di sekamir pura ini, wisatawan juga akan merasakan nuansa rohani yang mendalam bagi umat agama Hindu.

Daya Tarik Pura Gelap Besakih

1. Keindahan Alam Sekamir Pura

Daya tarik yang dimiliki oleh wisata pura yang indah dan megah ini adalah wisatawan dapat nikmati pemandangan keelokan alam dari tinggi pura ini. Keindahan alam sekamir amat terlihat jelas, hal ini dikarenakan Pura Gelap Besakih ini adalah pura tertinggi yang ada di komplek pura Besakih.

Dari atas pura ini wisatawan akan dijadiin takjub dengan keelokan alam, adalah seperti puncak Gunung Agung. Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan pura yang ada di kompleks ini dengan puas, sesampai hal ini amat cocok untuk wisatawan yang ingin merasakan ketenangan.

Suasana yang ada di pura ini juga tergolong amat sejuk ditambah dengan nuansa keelokan alam, sesampai hal ini akan memanjakan bagi mata wisatawan yang sedang datang. Panorama keelokan alam dan udara yang sejuk juga menambah nilai daya tarik tersendiri, serta juga dapat dijadiin menjadi untuk menyepi dan mempererat kerohanian dengan sang pencipta.

2. Keunikan Pura Gelap Besakih

Pura yang indah dan megah ini tergolong cukup unik dan terkesan memiliki ikonik yang tidak sama dengan pura yang lainnya. Keunikan pura ini dapat dilihat dari bangunannya, hal ini kerap dimanfaatkan oleh wisatawan yang datang untuk dijadiin menjadi sebagai tempat spot foto yang amat ideal.

Keunikan pura ini ada pada beberapa pelinggih yang berdiri tegak. Pelinggih ini adalah pelinggih ciwa lingga, bebaturan sapta petala, padma, meru tumpang tiga, dan juga bale pawedaan. Keunikan inilah yang jadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

3. Mengandung Nilai Filosofi & Kerohanian

Bagi wisatawan yang berminat untuk mengetahui nilai-nilai filosofi yang terkandung di pura ini, maka wisatawan dapat datang di wisata pura yang megah ini sambil belajar mengenai nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalamnya. Sesampai wisatawan dapat mengambil pelajaran dan mengetahui seputar pura ini.

Nama gelap yang terdapat di pura ini bukan merujuk pada bahasa Indonesia yang berarti tanpa cahaya, tapi gelap di sini diambil dari bahasa orang Hindu yang memiliki arti petir atau kilat. Dimana maksudnya adalah pura ini penuh dengan cahaya dan sinar.

Jika wisatawan yang datang di area pura ini, maka wisatawan dapat menyaksikan pengangge pada Pura Gelap Besakih ini didominasi oleh warna putih, dimana artinya adalah tempat ini penuh dengan sinar dan cahaya, sesuai dengan nama yang diambil. Warna putih ini juga jadi simbol dan ciri khas pura ini.

Wisata pura ini dipercaya oleh penduduk Bali, bahwa siapapun yang ingin menjabat sebagai pemimpin, baik itu pemerintahan, ataupun pemimpin rohani, maka harus datang di pura ini sebagai tempat meditasi yang amat cocok dan ideal.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Pura Gelap Besakih ini terletak di Bali, lebih tepatnya adalah terletak di komplek pura terbesar di Desa Besakih, Kec. Rendang, Kabupaten Karangasem. Wisata rohani yang berupa pura ini terletak tidak jauh dengan tempat wisata Kuta, adalah tepat terletak di timur lautnya wisata Kuta.

Untuk rute ke lokasi wisata pura ini, wisatawan yang berasal dari Bandara Ngurah Rai dapat melalui Jl. Airport Ngurah Rai, lalu kearah ke Jl. By Pass Ngurah Rai dan Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Sesudah itu wisatawan dapat kearah ke Jl. Raya Besakih di Menanga, lalu kearah Jl. Keduhung Besakih dan pada akhirnya ke Jl. Raya Menanga di Besakih.

Bagi wisatawan yang ingin datang di Pura Gelap Besakih ini dikenakan harga biaya masuk ke kompleks pura besakih yang tidak sama-beda. Untuk wisatawan lokal dikenakan harga Rp 30rb per orang. Sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan biaya Rp 60rb per orang.

Demikian gambaran umum mengenai Pura Gelap Besakih ini dengan segala tempat dan daya tarik yang dimiliki. Wisata pura ini amat diReferensikan bagi wisatawan untuk mengajak keluarga tercintanya. Hal ini dikarenakan selain nikmati kemegahan bangunan pura wisatawan juga dapat memberikan nilai religi dan kerohanian untuk buah hati tersayang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.