tanah lot

Pura Tanah Lot Bali, 3 Keajaiban yang ada di Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot Bali adalah pura Hindu unik yang berdiri di atas formasi batu besar di pantai barat daya Bali. Pura ini didedikasikan untuk Dewa Baruna atau Dewa Laut, titisan dewa (disebut Ida Sang Hyang Widhi oleh umat Hindu) yang memiliki tanggung jawab dan kekuatan untuk melindungi lautan.

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di dunia. Menjadi salah satu spot terbaik di Bali untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Ribuan wisatawan domestik maupun mancanegara mengunjungi objek wisata ini setiap harinya.

Sejarah Pura Tanah Lot Bali

Sejarah Tanah Lot berkaitan dengan perjalanan Dang Hyang Nirartha. Ia juga dikenal sebagai Pedanda Shakti Wawu Rauh atau Dang Hyang Dwijendra, seorang pendeta suci dari Jawa yang pindah ke Bali pada abad ke-15 untuk menyebarkan agama Hindu. Berdasarkan Dwijendra Tatwa, sebuah buku Bali kuno tentang perjalanan Dang Hyang Niratha dari Jawa ke Bali.

Diceritakan ketika pendeta sedang melakukan perjalanan jauh di Bali dan berhenti di sebuah batu besar di pantai desa Beraban. Batu itu disebut “Gili Beo”, yang berarti pulau mirip “burung beo”. Dia bermeditasi di atas batu. Namun, kepala desa Bendesa Beraban Sakti datang dan ingin mengusirnya. Itu karena para pemimpin sangat menentang ajaran Shani Larta.

Kemudian diberitahu bahwa pendeta memindahkan karang (tempat dia bermeditasi) dari darat ke laut. Setelah melihat ini, pemimpin dan penduduk desa tercengang oleh sihir pendeta. Kemudian, mereka mengaku dan memutuskan untuk menjadi pengikut imam juga.

Sebuah pura dibangun di atas batu karang dan menjadi tempat pemujaan Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan). Hingga akhirnya disebut “Tanayama”, yang berarti batu karang di laut.

Lokasi Pura Tanah Lot Bali

Pura Tanah Lot terletak di Desa Belaban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Tepat di atas formasi batuan di pantai. Bandara Ngurah Rai berjarak sekitar 27 kilometer, dan memakan waktu 1 jam 20 menit dengan mobil.

Sangat mudah untuk sampai ke sana dengan mobil atau sepeda motor. Selain itu, Anda dapat menyewa mobil dengan sopir di dekat kawasan wisata, yaitu: Tuban, Seminyak, Kuta, dll.

3 Keajaiban yang ada di Pura Tanah Lot

Beberapa hal menarik tentang Tanah Lot, bagi mereka yang berencana untuk mengunjungi Bali Tanah Lot, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang diharapkan dari pura. Bahkan, Anda bisa melihat beberapa hal menarik di antaranya:

1. Bangunan Candi Yang Unik

Pertama, tentu saja, adalah bangunan candi Hindu. Bangunan candi ini terlihat sangat unik dan berbeda dari yang lain karena berdiri di atas batu karang besar di tepi pantai. Pura ini dipersembahkan untuk Dewa Baruna, yang menurut kepercayaan masyarakat Bali merupakan titisan Tuhan sebagai penjaga laut.

Saat air surut, akses menuju bangunan candi terbuka dan mudah untuk dilalui. Oleh karena itu, wisatawan dapat memiliki kesempatan untuk menjelajahi area candi selama periode ini. Jika tidak, bangunan candi akan sulit dijangkau saat air pasang karena dikelilingi oleh air laut dan terlihat seperti pulau di laut.

Selain itu, terdapat bangunan pura lainnya di kawasan Tanah Lot. Yaitu Pura Batu Bolong yang berdiri di atas tebing berbatu yang menjorok ke laut di sebelah barat pura.

2. Gua Suci dengan Ular Suci

Di sebelah timur bangunan candi (di batu) adalah gua suci tempat beberapa ular hidup. Ular itu memiliki garis-garis hitam dan putih di sekujur tubuhnya dan diklasifikasikan sebagai spesies berbisa “Bungarus Candidus” dalam bahasa Latin. Penduduk setempat percaya bahwa ular itu adalah personifikasi dari selendang Shani Larta.

Pengunjung bisa melihatnya di dalam goa, namun harus ditemani oleh pawang ular. Selain itu, di dekat goa terdapat mata air alami yang disebut Tirta oleh warga sekitar. Mata air ini sering digunakan sebagai sarana kurban dan juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

3. Matahari Terbenam yang Indah dengan latar belakang pura

Di sore hari, Anda dapat melihat fenomena sempurna dari distrik candi, menggabungkan indahnya matahari terbenam, siluet candi, dan pemandangan laut yang luas.

Kombinasi inilah yang menjadi alasan sebagian besar fotografer ingin mendapatkan tampilan ikonik dari latar belakang mereka. Jadi jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan semua keindahannya.

Matahari terbenam akan muncul pada pukul 17.30. Kawasan pura akan memberikan momen yang paling dicari, yaitu: pemandangan matahari terbenam.

Pemandangan matahari terbenam sangat indah, dan Anda juga dapat menikmati jalan-jalan santai di pantai.

Juga, Anda memiliki kesempatan untuk melihat pemandangan yang menakjubkan di sini, antara matahari terbenam yang kemerahan dan siluet candi.

Harga Tiket Masuk ke Pura Tanah Lot Bali

Saat ini Pemkab Tabanan telah memungut harga tiket masuk kawasan sebesar Rp35.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak. Untuk tiket parkir, tergantung jenis kendaraannya. 5.000 untuk mobil kecil dan 10.000 untuk bus besar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *