pura ulun danu bedugul

Pura Ulun Danu Bedugul, Keunikan, Lokasi dan Tiket Masuknya

Pura Ulundanu Bedugul merupakan salah satu destinasi wisata yang selalu dipadati wisatawan lokal maupun mancanegara. Bali dikenal sebagai pulau dengan segala macam keindahan alam yang menakjubkan.

Bahkan menjadi tujuan utama wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Perhatian yang meningkat ke Bali dianggap alami, karena Bali adalah rumah bagi sejuta keindahan mulai dari pantai hingga pegunungan.

Bali identik dengan pulau dewata karena sebagian masyarakat Bali beragama Hindu dan menyembah dewa. Selain namanya yang sangat unik, Bali juga sering disebut sebagai Pulau Seribu Pura. Pura di Bali adalah pusat kegiatan tradisional dan tujuan wisata paling populer. Salah satunya adalah sebuah pura di Bedugul yang bernama Pura Ulun Danu Beratan.

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali

Ulun Danu Beratan adalah salah satu pura Hindu yang terletak di tepi Danau Beratan di kawasan wisata Bedugul, Baturiti, Baturiti, Tabanan Bali. Kuil terapung di danau. Kota Denpasar berjarak sekitar 56 km.

Pura Ulun Danu terletak di tepi barat Danau Bratan di Bedugul. Berada di ketinggian 1.239 mdpl, merupakan salah satu pura terindah dan fotogenik di Bali. Ulun Danu juga berada di gunung berapi yang sekarang sudah punah yang disebut Gunung Chatur. Ini adalah salah satu sumber air irigasi utama di Dataran Tinggi Bali.

Sejarah Pura Ulun Danu Beratan

Dilihat dari arsitektur candi yang tidak lagi merupakan bangunan baru, Candi Ulun Danu Bedu tentunya telah mengalami sejarah yang panjang, seperti yang dapat diketahui dari Babad Monwe Rontar. Menurut data arkeologi, ada peninggalan sejarah di depan candi. Tipologinya berupa sarkofagus dan lempengan dan diperkirakan sudah ada sejak zaman megalitikum.

Hingga kini, kedua artefak tersebut masih bisa dilihat di halaman depan atau teras Pura Ulun Danu di Beratan Bedugul. Berdasarkan penanggalan kedua artefak tersebut, dapat diperkirakan bahwa candi ini telah menjadi pusat kegiatan dan kepercayaan tradisional sejak 500 SM. Sarkofagus dan batu tulis menjadi bukti bahwa kepercayaan orang Bali sudah lama begitu kuat.

Masih berdasarkan babad Mengwi, pendiri kerajaan Mengwi, I Gusti Agung Putu, diyakini telah membangun Pura Ulun Danu Bedugul sebelum Pura Taman Ayun didirikan. Sayangnya, tidak ada penjelasan yang jelas kapan tepatnya pura Ulundanu Beratan dibangun. Namun, ada penjelasan lain bahwa Pura Taman Ayun dibangun pada saat upacara pada Hari Angara pada tahun 1556 M atau 1634 M.

Dari data yang terlihat dalam Babad Mengwi, ini berarti Pura Ulun Danu Beratan Bedugul dibangun sebelum Pura Taman Ayun dibangun. Pada saat yang sama, informasi tentang pendiri tidak lagi membingungkan karena sudah jelas, yaitu I Gusti Agung Putu. Setelah keberhasilan pendirian Pura Ulun Danu Beratan, pemimpin kerajaan Mengwi mendapat julukan I Gusti Agung Sakit karena membawa kemakmuran dan kedamaian bagi masyarakat.

Aktivitas yang Bisa Kamu lakukan di Bedugul

Selain mengabadikan momen dengan latar belakang pura, jangan lewatkan aktivitas seru lainnya di kompleks pura kuno Ulun Danu Bedu. Pengunjung dapat menikmati olahraga air atau water sport di Lake District. Dari memancing dan speed boat hingga berlayar di atas kapal angsa, semua fasilitas bisa disewa. Tempat persewaan terletak di sebelah kanan candi berupa dermaga kecil.

Dengan menyewa perahu, pengunjung bisa melihat lebih dekat arsitektur candi. Namun perhatikan keamanannya, karena air danau ini sangat dalam, kedalaman airnya bisa mencapai 23 meter. Bagi wisatawan, anak-anak tetap harus ditemani oleh orang tua atau orang dewasa saat menaiki perahu di danau.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata ini, Anda akan dikenakan tiket dan menggunakan semua spot foto yang ada. Mengapa membebankan tiket? Karena biaya masuk yang Anda bayarkan akan digunakan untuk biaya konstruksi, pemeliharaan, dan pemeliharaan semua fasilitas wisata ini.

Lantas berapa harga tiket wisata di kawasan Pura Ulun Danu Bedug? Di bawah ini adalah harga tiket dan biaya parkir kendaraan.

Harga Tiket Domestik
Harga Tiket Asing
Anak-anak : 10.000 Anak-anak : 25.000
Dewasa : 30.000 Dewasa : 50.000
Parkir Mobil : 5.000 5.000/ mobil
Parkir Sepeda Motor : 2.000 2.000/ mobil

Ada banyak cara atau sarana transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi tempat wisata ini, mulai dari sepeda motor, atau menggunakan mobil pribadi dengan sopir sendiri. Jika anda datang ke Bali untuk berlibur, gunakan jasa rental mobil atau motor untuk memilih transportasi anda menuju Pura Ulun Danu. Gunakan atau ikuti Google Maps untuk mencari lokasi spot foto instagramable.

Jika anda baru pertama kali berkunjung ke Wanagiri Selfie Peak, kami sarankan untuk mencari jasa sewa mobil dengan sopir dan BBM Bali, karena jalan menuju lokasi jauh dari pusat kota dan bisa dibilang cukup berkelok-kelok.

Namun, penting untuk diingat bahwa situasi pandemi saat ini tidak memungkinkan Anda untuk bepergian. Jadi mohon tunggu sampai situasi pandemi membaik dan tetap ikuti protokol kebersihan.

Fasilitas Lengkap dan Memadai

Kompleks wisata Pura Ulun Danu Beratan merupakan resort dengan fasilitas yang lengkap. Selain tempat parkir yang luas, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan toilet umum dan kamar mandi. Pengunjung dapat membeli makanan atau minuman di toko dan menikmati hidangan di restoran.

Pura Ulun Danu Bedug merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Bali. Membawa pulang foto dengan latar belakang candi akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.