Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Bagi sebagian wisatawan yang sudah berkunjung ke bali objek wisata pura ulun danu beratan bedugul Bali memang tidak asing lagi. Keindahan serta panorama yang di suguhkan wisata tersebut memang sangat mempesona. Bali yang di juluki dengan pulau seribu pura dan keindahan alamnya membuat semua orang berlomba lomba berkunjung ke Bali. Salah satu objek wisata yang menarik dan patut anda kunjungi adalan Objek Wisata Pura Ulundanu Bedugul Bali.  Sebelum kita mengupas tentang keindahan alam Pura ulundanu beratan bedugul mari kita kupas sedikit sejarah adanya pura ulundanu tersebut.

Sejarah Singkat Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali

Menurut wikipedia Pura ulundanu beratan bedugul ini di dirikan oleh Raja Mengwi yaitu  I Gusti Agung Putu dan di dirikan pada Tahun Saka 1556 ( Tahun 1634 Masehi ). Pura ini di bangun sebagai tempat pemujaan Tuhan Yang Maha Esa dengan manifestasi sebagai Dewi Danu atau Dewi Air. Danau beratan merupakan danau yang paling penting karena air danau tersebut menjadi pusat air irigasi bagi masyarakat sekitar dan sekililingnya.  Pura ini di bagi menjadi 5 bagian yang sangat berkaitan di antaranya:

  1. Pura Penataran Agung

Pura Pentaran Agung ini dikhususkan untuk memuja Tri Purusha Siwa, yaitu Siwa, Sadha Siwa, Parama Siwa. Candi ini menghadap ke selatan, dan bisa dilihat setelah memasuki Gerbang Bali “Candi Bentar” menuju ke Danau Beratan.

  1. Pura Dalem Prajapati

Sebuah Pohon Beringin besar berdiri sebagai penanda candi ini. Itu berfungsi sebagai istana dewi “Dewi Durga”. Pura yang menghadap ke barat yang merupakan pura yang pertama kali ditemui. Kawasan ini berlokasi  sebelum masuk ke kawasan pura Ulundanu Beratan atau setelah anda melewati loket tiket.

  1. Pura Dalem Purwa

Ada tiga Kuil utama, Pelinggih Dalem Purwa sebagai istana dan pemujaan dewi “Dewi Durga” dan dewa “Dewa Ludra” sebagai sumber kemakmuran, Kuil Mani Murda dan aula panjang “Bale Pemaruman” sebagai tempat penyelenggaraan ” Upakara ”perlengkapan upacara. Tempat suci menghadap ke timur dan terletak di tepi selatan Danau Beratan.

  1. Pura Lingga Petak

Dua Kuil bernama Pura Tengahing Segara dengan 11 atap yang dipersembahkan untuk menyembah Wisnu dan Dewi Danau “Dewi Danu”. Di sisi timur ada Pura Lingga Petak

Dengan 3 atap dan sumur suci yang berisi air suci “Tirta” Ulun Danu. Ini cocok jika Lingga putih, diapit oleh batu hitam dan merah. Diyakini sebagai sumber utama air dan kesuburan Danau Beratan. Sedangkan candi 11 atap menghadap ke arah selatan dan 3 atap memiliki empat pintu yang menghadap ke arah empat mata angin

Kawasan ini memang kerap di jadikan tempat photo oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut.

  1. Pura Taman Beji

Pura Taman Beji ini berfungsi sebagai air suci “Tirta” dan memohon serta menyucikan upacara “Ngebejiang atau Melasti” oleh masyarakat sekitar. Kuil ini terletak di sebelah timur Hotel Enjung Beji dan tidak dikelilingi oleh tembok apapun.

  1. Stupa Buddha

Di kawasan tersebut juga terdapat  Stupa Budha yang memberi makna kerukunan umat beragama. Stupa Budha inilah yang memberikan makna kerukunan umat beragama. Stupa Budha ini menghadap ke selatan dan terletak di luar candi utama Ulun Danu Beratan.

Pesona Wisata Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali

Objek wisata pura ulundanu beratan bedugul bali ini memang memiliki keunikan serta keindahan yang begitu mempesona. Pesona keindahan wisata alam di kawasan bedugul akan menambah keseruan anda dalam menikmati wisata di bali. Selain bisa menikmati keindahan pura tersebut anda juga bisa berkeliling menikmati keindahan kebun yang tepat berada di sebelah pura ulundanu bedugul. Bukan hanya itu saja keindahan alam serta cuaca yang dingin juga akan menjadikan anda betah berlama lama menikmati wisata tersebut. Abadikan semua moment indah anda di bali dengan memilih spot photo yang menarik di kawasan objek wisata pura tersebut.

BACA JUGA : Honeymoon Bali 4D 3N Nusa Penida

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sajikan special untuk anda agar perjalanan atau Honeymoon Bali menjadi menjadi menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Selamat menikmati wisata bali dan selamat berpetualang…..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *