rumah bambu pengalon

Rumah Bambu Pengalon Karangasem, Spot Foto Instagramable

Rumah Bambu Pengalon yang berada di Karangasem ini banyak diperbincangkan mulai tahun 2015 lalu. Meski saat dibangun bukan bertujuan untuk destinasi wisata, tempat ini banyak dikunjungi khususnya yang ingin mendapatkan spot foto menarik dan instagramable. Di akhir pekan dan hari-hari libur, banyak pengunjung yang datang mengunjungi tempat ini.

Rumah Bambu berada di Desa Antiga, sebenarnya merupakan proyek yang mangkrak. Awal mulanya dibangun untuk festival Bali Unite, namun acara musik tersebut tidak memperoleh izin, sehingga rumah bambu yang tidak diselesaikan justru menjadi daya tarik tersendiri.

Pengunjung yang datang memang Mayoritas ingin menyaksikan rumah bambu yang unik untuk dijadiin menjadi latar foto. Namun pemandangan indah di sekamir rumah bambu ini juga cukup memesona yang membuat wisatawan semakin betah. Berikut beberapa daya tarik dari Rumah Bambu yang terletak di Kabupaten Karangasem.

Daya Tarik Wisata Rumah Bambu Pengalon

1. Rumah Bambu Raksasa

Bangunan besar dengan sentuhan desain arsitektur yang unik ini berhasil mencuri perhatian wisatawan. Sesuai namanya, rumah bambu adalah bangunan yang dibuat dari bambu yang disusun sedemikian rupa dengan pola unik hingga membentuk bangunan. Menariknya, rumah bambu ini dibangun hanya dengan material yang ramah lingkungan.

Rumah bambu yang ada di Kabupaten Karangasem ini jumlahnya ada 4 buah. Semuanya memiliki atap dengan bentuk kubah yang bagian depannya dijadikan pintu raksasa dengan bagian atasnya melengkung.

Kamu bisa menyaksikan bambu-bambu yang menjadi kerangka bangunan ini tanpa adanya penutup tambahan. Bagian lantainya juga masih berupa tanah biasa yang ditumbuhi rerumputan ilalang hijau.

2. Sungai

Tepat di samping area Rumah Bambu ini terdapat sebuah sungai yang airnya cukup bersih dan terjaga dari polusi. Adanya sungai ini semakin mempercantik lanskap tempat ini.

Pada satu titik, terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan ke area rumah bambu ini. Jembatan ini juga dibangun dengan desain yang sama, yaitu menggunakan bambu sebagai material utamanya. Sehingga kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang semuanya dibuat dari bahan alam.

Sayangnya, jembatan ini perlahan rusak sampai terhanyut di arus sungai sampai ke laut. Namun untuk wisatawan yang beruntung pernah ke tempat ini, pasti dijadiin kagum dengan arsitekturnya. Jembatannya cukup lebar dengan kanan kirinya yang dijadiinkan pegangan.

3. Spot Foto Instagramable

Menyuguhkan berberbagai ragam spot foto memesona yang berhasil mengundang penasaran para wisatawan. Pada awal-awal dibangun, rumah bambu kerap dijadiin menjadi objek foto dan banyak disebarkan di media sosial.

Objek utama di area ini tentu saja bangunan yang dibuat dari ribuan bambu tersebut. Banyak pengunjung yang jauh-jauh datang hanya untuk bisa berfoto dengan latar bangunan unik ini.

Pemandangan alam yang indah di sekitarnya pun tidak luput menjadi perhatian pengunjung. Pepohonan kelapa banyak tumbuh di tempat ini memberikan pemandangan cantik untuk berfoto-foto. Tidak lupa juga, dengan adanya jembatan bambu di atas sungainya membuat tempat ini semakin memesona.

4. Suasana Asri

Suasana di area Rumah Bambu Pengalon cukup asri dan tenang dengan keelokan alam khas Bali. Pepohonan yang rindang dan pemandangan hijau lainnya di sekamir rumah bambu semakin menambah kesan asri.

Tempatnya yang jauh dari pusat kota membuat area ini lebih tenang. Cocok untuk kamu yang bosan dengan kota yang selalu bising. Kamu juga bisa menggunakan tempat ini untuk meditasi atau yoga, karena pengunjung di tempat ini tidak terlalu ramai.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Sebenarnya akses ke tempat ini cukup gampang, tapi karena tidak ada papan petunjuk arah yang cukup membuat beberapa wisatawan kesulitan untuk mendapatkan lokasinya. kamu bisa menggunakan internet untuk cari lokasi rumah bambu di google maps.

Kawasan proyek gagal yang berubah menjadi tempat wisata ini terletak di Kabupaten Karangasem, di sebuah desa kecil adalah Antiga. Rute jalan kearah Rumah Bambu Pengalon dapat diakses oleh kendaraan, baik roda dua ataupun roda empat.

Jika kamu sedang terletak di pusat Kota Denpasar, bisa mengambil rute kearah Pura Goa Lawah di Klungkung, Bali. Di persimpangan berdekatan SPBU Yen Malet, ambil arah kanan kearah Desa Antiga.

Ikuti jalan lurus sampai ke balai desa dan ambil arah ke Jln. Raya Amlapura – Denpasar. Lokasi rumah unik ini sudah cukup berdekatan, kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan sekamir 500 mtr sampai mendapatkan lokasi yang dituju. Jika ada kendala, jangan segan bertanya ke warga setempat yang di kenal ramah.

Harga Tiket Masuk Rumah Bambu Pengalon

Jika proyek ini selesai untuk acara festival Bali Unite, mungkin akan menjadi bangunan yang lebih keren. Walaupun akhirnya gagal, penduduk setempat justru menggunakannya sebagai tempat wisata yang free.

Pengunjung Rumah Bambu Pengalon tidak perlu membayar biaya masuk karena semua orang bebas untuk masuk. Hal tersebut wajar karena dari awal tempat ini memang tidak dijadiin untuk tempat wisata.

kamu yang penasaran dengan bangunan rumah dari bambu dapat menyambangi tempat ini kapan saja. Tidak ada batasan waktu untuk datang karena terungkap untuk umum setiap hari selama 24 jam.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.