sumampan waterfall

Sumampan Waterfall, Air Terjun dengan Panorama Memukau

Sumampan Waterfall menjadi tempat bernuansa alam di Gianyar yang ramai dikunjungi wisatawan. Air Terjun yang dikelilingi pemandangan membuat banyak orang terpanah saat pertama kali menyaksikan. Tempat ini sangat populer di kalangan penduduk, dan karena kesegaran airnya membuat tempat ini makin hits.

Ketika menginjakkan kaki di sini, kamu dijamin akan betah. Hembusan angin terasa begitu sejuk, karena berasal dari Air Terjun dan banyaknya pohon rimbun. Ketinggian air yang jatuh juga jadi keunikan tersendiri untuk memikat hati pengunjung. Kawasan yang masih natural dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks di tengah kesibukan.

Para tamu kerap bersantai sekaligus menjepret spot alam yang keren. Apalagi Air Terjun memiliki pohon dan bukit yang terlihat tumbuh subur. Selain itu, disana berdekatan dengan sawah yang menjadi ciri khas dari wisata hits ini. Maka dari itu, traveller perlu mencoba kesegaran air sekaligus menyaksikan pemandangan lebih berdekatan.

Daya Tarik Wisata Sumampan Waterfall

1. Air Terjun Buatan

Sumampan Waterfall terkenal sebagai Air Terjun buatan karena tidak berasal dari alam. Sumber air yang jatuh diketahui dari irigasi atau pengairan sawah yang ada di sekamir. Meskipun hasil buatan manusia, tapi wisata ini memiliki kejernihan air yang tidak diragukan lagi. Bahkan Air Terjun amat segar saat dipakai untuk bermain.

Bukan itu saja, Sumampan Waterfall juga pernah terbuat dari pengerukan batu padas dizaman dahulu. Pengerukan ini menghasilkan tebing yang dapat dilihat hingga sekarang ini. Ketinggian Air Terjun diperkirakan 15 mtr yang mengarah ke bak di bawah.

2. Panorama Cantik

Pemandangan dari alam memang jadi daya tarik yang tidak pernah membosankan. Air Terjun Sumampan memiliki pesona dari tanaman. Tempat wisata ini jadi semakin asri dikarenakan pepohonan hijau ini.

Jika menjelajah ke sudut lain kamu akan mendapatkan pemandangan tidak sama. Desa yang menjadi tempat Air Terjun memang dikelilingi keelokan yang amat banyak. Sawah milik warga gampang didapatkan ketika datang ke Sumampan Waterfall. Sesampai wisatawan lebih merasakan suasana sejuk selama liburan.

3. Batu Ukir

Pengunjung yang bermain air akan mendapatkan beberapa batu ukir. Air Terjun yang lengkap dengan batu besar ini memang membuat keelokan semakin memdaya tarik. Lebih lagi ditambah beberapa batu ada yang diukir dengan pola terpasti oleh seniman. Jika dilihat dari berdekatan batu memiliki ukiran yang amat tidak sama dengan batu lain.

Pada tahun 2018 Nyoman Retana sengaja mengukir batu untuk memesona perhatian traveller. Bahkan sampai saat ini kecantikan batu masih menjadi incaran banyak orang. Hal tersebut membuat Air Terjun memiliki keunikan yang tidak sama dari tempat rekreasi alam lainnya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Sumampan Waterfall berada di Desa Kemenuh, Gianyar, Bali. Lokasi Air Terjun yang masih bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi megampangkan wisatawan yang berwisata. namun jika ingin cepat sampai kamu dianjurkan mengendarai sepeda motor saja. Jika berangkat dari pusat kota Denpasar butuh perkiraan waktu sekamir 50 menit saja.

Akses jalan sudah memiliki papan petunjuk yang terpencar luas di sekamir. Beberapa rute bisa dilewati untuk kearah Air Terjun cantik ini. Traveller yang mengambil jalur dari Jln. Mangku Giweng dapat kearah ke Jln. By Pass Dharma Giri. Lalu lurus ke Jln. Udayana yang berjarak cukup berdekatan dengan Desa, lalu lanjutkan sampai kearah Jln. Ir Sutami.

Harga Tiket Masuk Sumampan Waterfall

Sumampan Waterfall Gianyar tidak mematok biaya masuk dengan harga terpasti. Wisatawan yang datang bisa membayar biaya secara suka rela kepada petugas. Hal ini agar pengunjung dapat merasakan kesegaran air tanpa mengeluarkan budget mahal.

Meski tidak ada tarif biaya khusus, namun untuk yang membawa kendaraan harus membayar biaya parkir. Karcis Rp 3rb yang berlaku untuk sepeda motor dan Rp 5rb khusus roda empat. Budget parkir pasti tidak mahal karena sudah sebanding dengan penjagaan yang aman. Bahkan lahan sudah disediakan secara luas oleh pengelola untuk kendaraan.

Penjual masakan yang menawarkan berbagai menu juga tidak mematok harga mahal. Apalagi sebagian orang memilih membawa bekal masakan berat agar lebih murah. kamu yang ingin mengajak keluarga besar nikmati keelokan Air Terjun memang cocok datang ke tempat ini. Suasana wisata yang indah dapat dilihat dari berdekatan meskipun biaya tergolong murah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.