taman ayun mengwi

Taman Ayun Mengwi, Lokasi, Daya Tarik & Harga Tiket Masuk

Taman Ayun Mengwi, lokasi, atraksi dan harga tiket. Apakah Anda saat ini sedang merencanakan liburan ke Bali dengan mengunjungi tempat wisata Taman Ayun? Jika iya, pada halaman ini Anda akan menemukan informasi mengenai tempat wisata di Taman Ayun Mengwi Bali.

Pura Taman Ayun sebagai Pura Paibon / Pedarman Raja Mengwi mengabadikan roh leluhur raja, yang dicapai dengan membangun Paibon gedong. Selain itu, Meru Meru juga dibuat untuk disembah oleh masyarakat Mengwei, dan banyak dewa yang disembah untuk memohon kemakmuran.

Pura Taman Ayun terletak di distrik Mengwi, Padang, Bali, Indonesia. Taman dan Pura Taman Ayun ini adalah warisan besar Kerajaan Mengwi.

Lokasi Pura Taman Ayun Mengwi

Pura Taman Ayun Mengwi terletak di Jalan Ayodya, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Padang, Bali. Jika Anda memulai dari lokasi di kawasan wisata Seminyak, Anda harus menempuh perjalanan ke Jalan Kerobokan dengan jarak sekitar 25 kilometer. Sedangkan jika tidak macet, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 10 menit.

Jika Anda tidak menggunakan kendaraan sendiri, Anda dapat menggunakan angkutan umum jalur Denpasar – Singaraja atau Denpasar – Bedugul. Selanjutnya Anda bisa turun di perempatan Dusun Mengwi dan berjalan kaki sekitar 250 meter untuk melanjutkan ke lokasi.

Daya Tarik Objek Wisata

Kata Taman Ayun jika diterjemahkan ke dalam bahasa Bali berarti taman yang indah. Objek wisata Taman Ayun Mengwi memiliki panorama yang indah. Atraksi dimulai dari kolam renang yang mengelilingi kompleks candi yang luasnya mencapai 4 hektar.

taman ayun mengwi
taman ayun mengwi

Pura Taman Ayun Mengwi sangat menarik bagi Anda karena taman ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia (UNESCO) pada tahun 2012. Taman Ayun layak diterima karena kaya akan sejarah dan keindahan arsitektur pura. Tidak hanya itu, bagian lain yang menarik dari candi ini adalah keindahan yang terlihat hari ini setelah pembaruan dan perbaikan besar-besaran sejak didirikan pada tahun 1937.

Pemugaran dilakukan karena candi tersebut rusak akibat gempa terparah pada tahun 1917. Pada tahun 1949, perbaikan dilakukan pada Guri Agung, pintu gerbang, dan kemudian candi, dan tempat baru yang agak luas di Wantiran dibangun.

Jika diperhatikan, candi dan monumen mencapai 16 meter kemudian. Di halaman dalam, pura memiliki arsitektur Bali. Namun, ada 64 candi kecil, seperti kursi batu, yang diwarisi dari nenek moyang mereka pada zaman megalitik.

Kolam Pura Taman Ayun juga Sebagai Waduk untuk Pengairan Sawah

Selain keindahan arsitektur dan tata ruang yang ditawarkan Pura Taman Ayun di Dusun Mengwi, keberadaan kolam renang di sekitar pura ini rupanya membawa manfaat penting bagi masyarakat sekitar pura. Khususnya bagi penduduk yang bergerak di bidang pertanian di Namsubak pura ini.

Dari kejauhan, kolam itu tampak seperti gelang air, seolah-olah bangunan candi berada di atas air. Bangunan candi dikelilingi oleh pepohonan dan bunga yang rimbun, serta panorama yang indah semakin lengkap.

taman ayun mengwi 1
taman ayun mengwi

Kompleks candi terdiri dari 3 sisi, yaitu ruang terbuka, bangunan khusus dan bangunan yang didedikasikan untuk dewa. Pada bagian pertama digunakan dalam berbagai kegiatan spiritual dan seni pertunjukan. Pada saat yang sama, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah formasi “meru”, sebuah pagoda dengan atap trapesium, khas arsitektur pura Bali.

Di bagian kedua, pengunjung akan menemukan sebuah bangunan bernama Bale Susah, yang dihiasi dengan ukiran, relief, dan patung Dewa Nawa Sanga yang paling indah.

Daya tarik lain yang dapat dicapai wisatawan dari tempat ini adalah Peninggalan Kerajaan Mengwi dan Museum Manusa Yadnya yang berjarak sekitar 300 m dari pura. Di museum, pengunjung dapat melihat ritual yang berkaitan dengan transformasi kehidupan manusia, dari kandungan hingga kematian.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, ada beberapa jenis hotel di sekitar objek rekreasi ini. Dari losmen, hotel kelas melati, hingga hotel kelas atas. Warung makan dan restoran kecil juga mudah ditemukan. Menu yang ditawarkan bervariasi dan terjangkau.

Harga tiket ke Pura Taman Ayun Mengwi

Ajukan pertanyaan saat ini, berapa harga tiket masuk Pura Taman Ayun? Harga tiket masuk Pura Taman Ayun berbeda-beda menurut negara asalnya, seperti wisatawan dari Indonesia maupun wisatawan mancanegara. Anda bisa menyimak harga tiket pura Taman Ayun terbaru tahun 2021.

Kategori Harga Tiket
Lokal 15.000/orang
Asing 50.000/orang
Biaya Parkir 5.000/mobil, 2.000/ sepeda

Bersantai di Pura Taman Ayun, lebih cocok untuk rombongan wisatawan dari Eropa. Bagi wisatawan lokal, tingkat kunjungan objek hiburan Taman Ayun tergolong rendah. Tapi tidak turis dari negara-negara Eropa. Namun akhir-akhir ini, proporsi wisatawan lokal semakin meningkat setiap tahunnya.

Karena terbatasnya ketersediaan angkutan umum yang ideal untuk berlibur ke Taman Ayun Mengwi, banyak wisatawan yang berlibur di Bali menggunakan kendaraan sendiri, baik itu sepeda motor maupun mobil. Mereka bisa memilih moda transportasi yang akan mereka gunakan.

Jika anda ingin mencari jasa sewa mobil murah atau sewa motor di Bali caranya mudah. Namun jika mengikuti petunjuk mesin Google maka akan lebih mudah untuk memasukkan kata kunci sewa mobil di Bali

Namun bagi yang tidak ingin repot mengurusi pengaturan liburan di Bali, saya sarankan untuk mencari paket tour Bali murah. Akan ada banyak kemudahan.

Nah, itu saja untuk pengenalan Pura Taman Ayun Mengwi, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.