taman nusa gianyar

Taman Nusa Bali, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Bali

Bali sudah amat terkenal di kalangan traveller dengan pantai-pantainya yang eksotis. Namun tidak hanya pantai saja, Bali memiliki banyak pilihan tempat wisata yang tidak kalah memesona untuk dikunjungi. Taman Nusa Bali di Sidan, Gianyar adalah salah satu yang bisa jadi alternatif liburan saat kamu sedang liburan ke Bali.

Menghadirkan tempat rekreasi dengan konsep edukasi mengenai Indonesia dari zaman prasejarah sampai zaman modern. Ada banyak atraksi yang disuguhkan di taman seluas 15 hektar ini, start dari kampung budaya, ruang pameran, auditorium theatre, dan masih banyak lagi.

Menariknya dari taman ini adalah pengunjung akan melalui jalur trekking untuk bisa nikmati semua atraksi yang ada. Lokasi taman memang terletak di atas tebing menyusuri Sungai Melangit. Pemandangannya pasti indah yang memanjakan para pengunjung.

Daya Tarik Wisata Taman Nusa Bali

1. Kampung Budaya

Konsep dari taman wisata ini bertujuan untuk mengenalkan budaya dan tradisi Indonesia. Bagaikan mesin waktu, kamu akan diajak untuk menyaksikan Indonesia dari zaman prasejarah, lalu zaman kerajaan, zaman kemerdekaan, hingga Indonesia di zaman modern ini.

Di area kampung budaya terdapat setidaknya 60 rumah tradisional dari berbagai area di seluruh Indonesia. Rumah tradisional tertua yang ada di Taman Nusa Bali salah satunya adalah Rumah Gadang dari suku Minangkabau. Selain itu, terdapat deretan berbagai rumah tradisional lain yaitu Rumah Honai dari Papua, Rumah Joglo dari Jawa Tengah, dan juga Rumah Wale dari Minahasa.

2. Pemandangan Alam Gianyar

Pesona alam Pulau Bali memang banyak membuat wisatawan terpukau, baik keindahan alamnya yang disuguhkan dan juga taman edukasi disini. Tempat ini dibangun diarea yang berberdekatanan dengan Sungai Melangit.

Pemandangan hijau dan menyegarkan akan menyambut setiap pengunjung yang datang. Jika kamu sudah bosan dengan keramaian dan suasana di kota besar, taman ini bisa menjadi tempat pelarian yang tepat.

3. Warisan Budaya Indonesia

Berbagai atraksi disuguhkan untuk pengunjung yang berkunjung ke Taman Nusa. Salah satunya yaitu sebuah tempat untuk menyaksikan berbagai aset budaya Indonesia. Suasana kampung sangat terasa dengan hadirnya pengrajin yang membuat batik, menganyam, menenun, sampai miniatur kapal pinisi yang terkenal.

Atraksi budaya yang dipamerkan di taman ini juga bisa dilihat di area kampung budaya dan di museum budaya. Beragam aset budaya nusantara dapat ditemui seperti wayang kulit, koleksi kain tenun ikat, dan lain-lain.

4. Museum Etnografi

Daya tarik lain dari tempat wisata ini yaitu museum etnografi. Pada area ini terdapat lukisan bertemakan pewayangan yang menarik perhatian. Salah satunya yaitu Lukisan Panji, sebuah lukisan pewayangan yang akan berubah jadi lukisan kontemporer saat disorot dengan sinar UV.

5. Smart Audio Guide

Smart audio guide adalah salah satu fasilitas di Taman Nusa Bali yang akan membantu wisatawan saat menjelajah taman ini. Terdapat info yang dapat didengar melalui smart audio guide ini sesampai wisatawan bisa mendapatkan info yang penting mengenai objek atau atraksi yang ada di taman ini.

Menariknya lagi pembimbing canggih ini ada dalam beberapa bahasa adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Inggris. Jadi wisatawan, baik lokal ataupun asing dapat lebih menggembirakan untuk menjelajah di Taman Nusa tanpa perlu khawatir kebingungan dengan apa yang ada di depannya.

Alamat & Cara Menuju Lokasi

Taman Nusa terletak di Desa Sidan, Gianyar yang berjarak sekamir 30 menit perjalanan dari pusat Kota Denpasar. Dari ibu kota Bali ini, kamu bisa menggunakan rute melalui Pasar Seni Sukawati dan Kota Gianyar. Alternatif llainnya adalah dengan melalui Jl. BayPass Ida Bagus Mantra.

Bagi kamu yang terletak di area Kuta, perjalanan kearah lokasi taman sekamir 1 jam perjalanan. Kamu bisa ikuti jalan by pass yang mengarah ke Ngurah Rai, lalu lanjut ke Jl. Ida Bagus Mantra untuk bisa menuju kearah Taman Nusa.

Sedangkan untuk wisatawan yang datang dari arah Jimbaran dan Nusa Dua, bisa melalui jalan tol dengan waktu tempuh sekamir 1,5 jam. Dari tol Bali Mandara, kamu bisa belok ke arah Ngurah Rai dan lalu Ida Bagus Mantra. Ikuti jalan kearah Pantai Siyut dan belok kiri ke jalan Tulikup. kamu akan mendapatkan papan nama dari tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk Taman Nusa

Tempat wisata yang telah dibuka dari 2013 ini cocok untuk menjadi tujuan wisata keluarga. Kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 50rb,- untuk sekali masuk. Untuk anak untuk usia 2 tahun sampai 12 tahun, harus membayar biaya Rp 40rb,-. Sedangkan untuk bayi hingga usia 2 tahun free untuk masuk ke taman wisata ini.

Wisatawan juga bisa memilih biaya set lunch untuk nikmati kampung budaya dan paket makan siang dengan harga Rp 130rb,- untuk orang dewasa dan Rp 90rb,- untuk anak-anak. Ada juga paket Barong dan lunch dengan harga Rp 190rb,- dan Rp 135rb,- untuk nikmati pagelaran barong dan paket makan siang.

Jam operasional Taman Nusa Bali buka setiap hari start jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Biaya di atas adalah biaya masuk untuk wisatawan lokal. Jika ingin nikmati paket barong, kamu perlu membawa group minimal 30 orang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.