tari barong bali

Tari Barong Bali, Lokasi dan Info Harga Tiket Terbaru

Tari Barong Bali adalah tarian tradisional Bali tentang mitos setengah singa atau beruang, binatang dengan kekuatan gaib yang dipercaya melindungi manusia.

Barong Bali adalah warisan budaya pra-Hindu yang menggambarkan pertempuran antara kebaikan (dharma) dan kejahatan (adharma). Kejahatan dilambangkan dengan Rangda, dan kebaikan dilambangkan dengan Balong.

Menurut kepercayaan masyarakat Bali, khususnya umat Hindu. Baik dan buruk selalu berdampingan atau disebut Rwa Bhineda. Dan kata Barong berasal dari kata bahruang yang artinya beruang.

Mengenal Lebih Jauh Tari Barong Bali

Barong Bali merupakan salah satu seni pertunjukan yang dimiliki oleh Bali. Ini adalah tarian tradisional Bali menggunakan topeng dan kostum tubuh yang dapat dikenakan oleh satu atau dua orang saat menari.

Banyak jenis Barong di Bali, namun kali ini saya akan membahas secara khusus tentang Bali Barong yang menjadi destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara yaitu Barong Kai. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang lokasi, jadwal dan harga tiket pertunjukan tari Bali Barong terbaru.

Tari Barong Ket Bali

Dilihat dari selempang Bali atau topeng Barong Ket, merupakan perpaduan antara budaya Hindu dan budaya Bali kuno, khususnya budaya Budha. Permadani ini juga umum di negara-negara Buddhis seperti Jepang dan Cina.

Diperkirakan kesenian Barungi khas Hindu Bali dan tercipta dari budidaya budaya Tionghoa yang masuk ke Indonesia. Di India, meskipun termasuk negara dengan jumlah pemeluk Hindu terbesar di dunia, Barongji tidak termasuk dalam tradisi keagamaannya.

Tarian Barong Ket ini biasa dikenal dengan tari Banaspati Raja (Raja Hutan) dan merupakan gabungan dari singa, macan atau lembu. Hewan ini dipercaya memiliki kekuatan supranatural atau kekaguman. Konsep Barong Bali sebagai Raja seperti Barong Singa atau Reog Jawa, namun berbeda. Jika Barong Singa Jawa dipandang sebagai pihak yang salah, namun di Bali, Barong dianggap sebagai lambang kebaikan.

Mitos dan Tokoh Tari Barong Bali

tari barong bali
tari barong bali

Sampai saat ini Barong dianggap sebagai pelindung oleh masyarakat Bali, dan seni tari Barongi Bali sering ditampilkan dalam upacara keagamaan atau hiburan bagi wisatawan Bali.

Tari Barong menceritakan tentang pertempuran antara Barong dan Rangda, ditemani oleh beberapa karakter lain seperti Kera (sahabat Barong), Dewi Kunti, Sadewa (putra Dewi Kunti) dan beberapa pengikut Rangda.

Dalam tarian ini, Barong melambangkan kebaikan, dengan penari mengenakan pakaian berkaki empat, sedangkan simbol kejahatan adalah Rangda, sosok menakutkan dengan dua taring di mulutnya.

Kostum Penari Tari Barong

Pakaian yang digunakan penari barong adalah ket atau keket. Baju ini merupakan kombinasi dari singa, macan dan lembu. Tubuh Barong dihiasi dengan ornamen kulit, pecahan kaca dari cermin, dan bulu yang terbuat dari serat daun pandan.

Barong dimainkan oleh 2 orang penari, satu penari di depan memainkan gerakan kepala dan kaki depan barong, sedangkan penari kedua memainkan kaki belakang dan ekor barong di belakang.

Cerita Tari Barong Bali

Sahadwa dikatakan dipenjara di hutan dan ibunya akan menjadi korban dukungan Rangda. Dewi Kunti kerasukan roh jahat. Melihat ini, Dewa Siwa turun dan menganugerahkan keabadian.

Karena itu, Jean Tatsuya tidak bisa membunuhnya. Jean Da bahkan menyerah dan meminta untuk dibebaskan dari kutukan agar bisa masuk surga. Permintaan ini disetujui oleh Sadewa, yang melegakan pengalaman Rangda.

Seorang pengikut Rangda bernama Kalika juga pergi ke Sadwa untuk meminta bantuan. Tapi Sadewa menolaknya, dan pertempuran seru pun terjadi. Untuk menyaingi Sadewa, Kalika menjelma menjadi Rangda.

Sementara itu, Sadwa mengubah wujudnya menjadi Barong. Kekuatan keduanya seimbang, dan tidak ada pemenang atau pecundang. Dengan demikian menjadi pertempuran abadi antara yang baik dan yang jahat.

Kemudian ada beberapa pengikut Sadewa (Barong) berbekal keris. Tapi Jean Da dikalahkan satu per satu. Mereka bahkan terpesona untuk menyerang diri mereka sendiri. Baron Lai kemudian menghapus sihir Rangda dari para pengikutnya.

Harga Tiket atraksi Tari Barong Bali

Bagi anda yang ingin melihat keunikan tari barong yang mencirikan kebudayaan lokal Bali, anda akan di kenakan biaya masuk dengan ketentuan sebagai berikut

Harga Tiket Dewasa Harga Tiket Anak-anak
100.000/ orang 75.000/ orang

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih untuk menuju lokasi, yakni menggunakan jasa rental mobil untuk menuju ke sana sendiri, tanpa sopir. Di sini Anda cukup menggunakan Google Maps untuk menemukan lokasi tempat-tempat tersebut. Namun jika anda tidak ingin repot dengan jalan, parkir, dll, anda bisa menggunakan jasa sewa mobil dengan sopir di Bali. Saya pikir ini lebih mudah dan lebih nyaman.

Pilih paket wisata yang menggabungkan beberapa tempat wisata dengan memasukkan pertunjukan tari kecak Bali dalam itinerary wisata Anda. Seperti paket wisata ubud kintamani, kemudian paket wisata besakih kintamani. Dengan paket wisata ini, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya tiket tari barong. Karena semuanya termasuk di dalamnya.

Demikian sedikit tentang barong, mitologi dan informasi moral, cerita pendek, lokasi dan tarif tari barong Bali saat ini. Namun, dalam periode normal baru, kondisi pariwisata tetap tenang, dan jadwal pertunjukan yang sudah ditetapkan dapat berubah.

Terima kasih, semoga airtikel ini dapat ditambahkan ke list tempat wisata di Bali yang ingin anda kunjungi pada liburan kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.