9 Tempat Wisata Budaya di Bali. Saksikan ritual Unik

9 Tempat Wisata Budaya di Bali. Saksikan ritual Unik

9 Tempat Wisata Budaya Di Bali

Alam, sejarah, dan budaya merupakan aspek yang menarik wisatawan Bali. Apabila pantai, gua, sawah, dan sebagainya merupakan aspek alam. Berbagai budaya seperti ritual dan kebiasaan masyarakat Bali bisa disaksikan langsung oleh wisatawan. Berikut adalah 9 tempat wisata budaya di Bali.

9 Tempat Wisata Budaya di Bali

  1. Desa Tenganan

Desa Tenganan adalah desa Bali Aga atau Bali Kuno. Desa ini sudah dikenal sejak tahun 1970 an. Kini anda bisa ke sini apabila ingin mengunjungi tempat wisata budaya di Bali. Masyarakat di Desa Tenganan masih kuat adatnya.

Masyarakat masih mengenakan kain Grising. Kain tenun ini dipercaya untuk melindungi diri dari penjahat. Setiap tahun diadakan ritual Makare Kare. Ritual ini dilakukan untuk menghormati Dewa Indra.

  1. Pura Besakih

Pura Besakih sendiri merupakan sebuah kompleks pura. Pusatnya ada di Pura Penataran Agung, pura terbesar yang ada di kompleks tersebut. Pura Besakih sendiri terletak di Desa Besakih, Karangasem. Kini kompleks tersebut tengah diusulkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

  1. Banjar Kaja Sesetan

Banyak budaya Bali yang masih bertahan hingga kini. Salah satunya adalah tradisi Omed-omedan. Tradisi ini dilaksanakan di Desa Sesetan. Dilaksanakan pada hari setelah dari raya Nyepi. Omed-omedan merupakan tradisi ciuman massal yang dilakukan pemuda pemudi lokal. Anda bisa menyaksikan tradisi ini untuk lebih mengenal budaya Bali.

Baca juga : 20+ Tempat wisata di Bali. Liburan asyik tahun 2019

  1. Museum Ogoh-Ogoh

Pawai Ogoh-ogoh di Bali ramai dilakukan sehari sebelum hari Raya Nyepi. Namun apabila anda ingin lebih mengenal Ogoh-ogoh, anda bisa berkunjung ke museumnya. Anda bisa berkunjung ke Museum Manusia Yadnya. Museum ini memiliki sekitar 20 patung ogoh-ogoh. Anda juga bisa berkunjung ke Museum Ogoh-ogoh Soka Indah. Museum ini terletak di rest area Pantai Soka.

  1. Desa Trunyan

Masyarakat Bali Aga dapat pula ditemukan di Desa trunyan. Desa ini terletak di Kecamatan Kintamani. Di sini terdapat sebuah budaya pemakaman yang menarik. Cara pemakaman tersebut yaitu dengan membiarkan jasad diletakkan di bawah pohon beringin. Kemudian pohon tersebut akan dibatasi pagar bambu. Sehingga anda bisa melihat banyak tulang belulang manusia di desa tersebut.

  1. Desa Penglipuran

Desa ini kerap dijadikan sebagai objek foto oleh wisatawan. Hal tersebut karena desanya yang sangat rapi dan bersih. Oleh sebab itu pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru. Di sini wisatawan dapat menjumpai bangunan bali yang berjajar rapi. Desa Penglipuran berada di Kabupaten Bangli.

  1. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu ini terletak di Desa Pecatu, Kuta, Badung. Pura ini terletak di atas batu karang. Pura ini merupakan Pura Sad Kayangan. Dimana dipercaya sebagai penyangga 9 mata angin. Pura ini berbatasan dengan pantai Pecatu yang terkenal oleh peselancar.

  1. Istana Tirta Gangga

Tempat wisata budaya di Bali yang bisa anda kunjungi adalah Istana Tirta Gangga. Istana ini merupakan taman air miliki Kerajaan Karangasem. Di Istana ini terdapat labirin kolam. Terdapat pula air mancur yang sekitarnya merupakan taman rimbun. Istana ini berada sekitar 5 km sebelah timur Karangasem.

  1. Desa Kesiman

Ritual lain yang perlu anda ketahui di Bali adalah Pengrebongan. Ritual ini disebut pula kesurupan massal yang dialami para penyungsung pura. Pada saat ritual, puluhan orang akan berteriak, menari, maupun menusukkan keris ke diri sendiri. Namun mereka tetap tidak terluka. Budaya ini dapat anda saksikan 8 hari setelah Hari Raya Kuningan. Ritual dilakukan di Pura petilan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *