kanto lampo waterfall gianyar bali scenic seasonal waterfall cascading down stepped rock wall into shallow wading pool

10 Tempat Wisata di Gianyar, Seru Abis Buat Liburan

Tempat Wisata di Gianyar bisa dibilang cukup komplit, bukan cuma wisata budaya tapi kamu juga bisa menemukan banyak destinasi yang unik dan menarik. Dari mulai pantai, sawah, perbukitan hingga air terjun dan ngarai yang cantik. Di setiap sudut kotanya ada keindahan tersendiri yang bikin betah.

Rekomendasi Tempat Wisata di Gianyar

Suasananya terbilang sangat nyaman, Gianyar cenderung terasa lebih sepi dibandingkan kawasan lainnya di pulau Bali. Jika kamu berencana ingin liburan atau WFH di Bali, Gianyar cocok banget buat masuk ke dalam daftar kunjungan kamu. Kamu bisa pergi menjelajahi beberapa tempat wisata tercantik di Gianyar ini!

10 Tempat Wisata di Gianyar Terpopuler

1. Air Terjun Tegenungan

Tempat wisata di Gianyar yang satu ini punya air terjun dengan ketinggian sekitar 15 m yang dilengkapi juga dengan kolam dangkal yang ada di bagian bawahnya. Selain menyuguhkan pesona air terjun yang menawan, tempat ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitasnya cukup memadai.

Sebut saja seperti ayunan, spot selfie, gazebo, dan juga warung. Agar bisa mencapai ke aliran air terjunnya, butuh effort yang tak sedikit, setidaknya kamu harus mampu menuruni sejumlah anak tangga. Berlokasi di Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Gianyar – Bali, tempat ini buka dari jam enam pagi hingga setengah tujuh sore dengan harga tiket masuk sekitar Rp20 ribu

2. Pantai Cucukan

Setelah sampai di sini, kamu bakal disambut dengan hamparan pasir hitam yang cantik mempesona. Biasanya ada sejumlah perahu milik dari warga setempat yang singgah sejenak di tepi pantai. Belum banyak yang tahu tentang tempat ini. Jadi tak heran jika pengunjungnya masih sangat sedikit dan suasananya pun juga jadi nyaman.

Berlokasi di dusun Banjar Cucukan, Medahan, Blahbatuh, Gianyar – Bali, tempat wisata yang satu ini beroperasi 24 jam. Kamu pun bisa mengunjunginya bersama keluarga secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

3. Bukit Campuhan

Ketika berjalan menyusuri bukit ini, kamu bakal disambut dengan pemandangan hijau yang begitu menawan. Jika ingin berkunjung dan menikmati suasananya, cobalah jogging sambik melihat sunrise alias matahari terbit yang begitu menawan. Apalagi udaranya pun juga sangat sejuk, lantaran pepohonannya yang cukup rindang dan juga asri.

Berlokasi di Jl. Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Gianyar – Bali, kamu bisa mengunjungi Bukit Campuhan kapan saja. Pasalnya, jam operasionalnya sendiri selama 24 jam dengan tiket masuk gratis.

4. Pura Tirta Empul

Di kawasan ini, terdapat sebuah mata air alami yang kerap digunakan untuk mensucikan diri. Di setiap pancurannya punya doa yang berbeda-beda. Siapapun bisa berendam di dalamnya, kecuali wanita yang tengah datang bulan.

Berlokasi di Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Gianyar – Bali, tempat wisata di Gianyar yang satu ini beroperasi dari jam 8 pagi sampai 6 sore waktu setempat. Untuk memasuki kawasan ini, kamu cukup bayar tiket masuk sekitar Rp 30 ribuan.

5. Tegalalang Rice Terrace

Bukan cuma wisatawan lokal saja, turis dari berbagai negara pun juga sangat menyukai keindahan undakan sawah yang tersusun rapi ini. Aktivitas yang bisa dilakukan selain berfoto di sekitarnya, kamu juga bisa berjalan-jalan di pematang sawah. Terasering hijaunya yang terhampar terasa begitu menenangkan hati.

Berlokasi di Jl. Raya Tegalalang, Ceking, Tegalalang, Gianyar – Bali, kamu bisa mengunjunginya dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore waktu setempat. Cukup dengan Rp 15 ribuan, kamu sudah bisa mengeksplor terasering cantik ini sambil hunting foto.

6. Air Terjun Kanto Lampo

Air terjunnya terlihat berundak-undak, inilah yang membuatnya tampak semakin menarik. Terlebih, aliran airnya yang turun menuruni bebatuan hitam menciptakan arus yang cukup deras. Belum lagi, pepohonan disekitarnya turut menciptakan suasana asri dan juga tenteram. Cocok buat healing di tengah penatnya kehidupan kerja.

Berlokasi di desa Banjar Kelod Kangin, Beng, Gianyar – Bali, kamu bisa berkunjung ke sini dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Cukup dengan membayar Rp 20 ribuan saja, kamu sudah bisa menjelajahi air terjun ini sepuasnya.

7. Pantai Lebih

Meski warna pasirnya hitam, namun tempat wisata di Gianyar yang satu ini memiliki butiran pasir yang lembut. Terkadang, ombak di pantai ini cukup tinggi, jadi kamu harus tetap waspada dan berhati-hati saat bermain di tepiannya. Di sekitar pantai, banyak warung yang berjejer menjajakan hidangan kuliner seafood yang masih fresh.

Berlokasi di Jl. By Pass Ida Bagus Mantra, Lebih, Gianyar – Bali, kamu bisa berkunjung ke Pantai Lebih selama 24 jam full. Belum lagi, biaya masuknya pun gratis, jadi bisa buat destinasi liburan hemat bersama keluarga.

8. Hidden Canyon Beji Guwang

Seperti namanya, tempat wisata di Gianyar yang satu ini terbilang cukup tersembunyi, sehingga beluk banyak yang tahu keindahannya. Lembahnya yang terbilang sempit di bagian tengahnya dialiri aliran air dengan arus yang cukup tenang. Sementara di bagian atasnya, ada sejumlah tanaman gantung yang menjuntai dan membuat pemandangannya makin cantik.

Berlokasi di Jl. Sahadewa, Guwang, Sukawati, Gianyar – Bali, tempat wisata di Gianyar ini beroperasi dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Untuk menjelajahi destinasi wisata ini kamu cukup menyiapkan Rp 10 ribuan saja untuk tiket masuknya, murah kan?

9. Pantai Siyut

Tak jauh berbeda dengan lebar pantai yang ada di Gianyar, Pantai Siyut juga punya pasir yang berwarna kehitaman yang kontras dengan warna air laut yang biru.

Namun sayangnya, tempat wisata yang satu ini belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Bahkan di sini hanya ada sebuah gubuk kecil yang dibuat oleh warga lokal sebagai tempat untuk bersantai sejenak.

Berlokasi di Jl. Raya Pantai Siyut, Tulikup, Gianyar, Gianyar – Bali, jam operasional dari pantai ini hampir 24 jam. Jadi kamu bisa jalan-jalan ke pantai kapan saja tanpa perlu bayar tiket masuk.

10. Sacred Monkey Forest

Sebenarnya tempat ini merupakan kawasan hutan lindung yang menjadi habitat asli kera kurang lebih 749 ekor. Luasnya sendiri mencapai sekitar 12,5 ha dan diperkirakan masih dalam tahap perluasan. Jika ingin pergi ke sini, ada baiknya untuk menyimpan barang- barang berharga ke dalam tas, ya. Agar tidak diambil oleh para kera yang jahil.

Berlokasi di Monkey Forest, Ubud, Ubud, Gianyar – Bal, jam operasionalnya sendiri berlangsung dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Tak perlu khawatir untuk masuk ke kawasan wisata ini kamu cuma perlu membayar tiket sekitar Rp 50 ribuan saja.

Itulah tadi rekomendasi tempat wisata Gianyar yang cocok banget buat dimasukan dalam daftar liburanmu. Suasananya yang menyenangkan, bakal bikin acara liburan makin tambah berkesan!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.