mount batur

7+ Tempat Wisata di Kintamani yang Tak Boleh Terlewat!

Tempat Wisata di Kintamani menjadi salah satu tujuan liburan yang tak boleh terlewat saat punya waktu jalan-jalan ke Pulau Dewata. Kintamani merupakan sebuah daerah yang berada di Kabupaten Bangli, kawasan Bali bagian tengah. Kamu gak bakal menemui pantai disini, tapi pesona hijaunya pegunungan yang sejuk dengan udaranya yang segar.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kintamani

Kintamani merupakan rumah dari sejumlah gunung-gunung yang terkenal di Pulau Bali yang menjadikan panoramanya semakin memukau. Sebelum mulai pergi menjelajahi Kintamani, cek dulu yuk tempat wisata di Kintamani yang kami rekomendasikan.

Daftar Tempat Wisata di Kintamani

1. Danau Batur

Tempat wisata di Kintamani yang pertama ini merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Batur berabad-abad yang lalu. Danau yang memiliki bentuk seperti bulan sabit ini disebut sebagai danau terbesar di Pulau Bali. Kedalaman danaunya bahkan hampir mencapai 65 m sehingga penting untuk selalu memperhatikan faktor keamanan saat berkunjung ke tempat ini.

Jika ingin merasakan pengalaman yang berbeda, coba berkeliling Danau Batur menaiki kano. Rasanya pasti wow banget! Selain itu, kamu juga bisa menyalurkan hobi memancing di sini. Agar bisa mendapatkan spot mancing yang tepat, coba minta nelayan setempat untuk memberikan panduan memancing. Jika udaranya yang sejuk membuatmu malas bergerak, kamu bisa hunting banyak foto keren di sekitar danau.

2. Sukawana Sunrise Spot

Spot kece buat menikmati terbitnya matahari memang tak boleh dilewatkan. Tempat wisata di Kintamani yang satu ini bakal bikin kamu menikmati hangatnya sinar mentari sekaligus cantiknya pemandangan alam yang ada di sekelilingnya. Selain itu, Sukawana Sunrise Spot ini pun juga sudah tertata dengan rapi lengkap dengan anjungan sehingga memudahkan untuk mencari spot keren.

3. Museum Geopark Batur

Jika ingin menggali tentang sejarah Gunung Batur, pastikan jangan sampai melewatkan Museum Geopark Batur di Kintamani. Kawasan gunung serta danau Batur ini memang sudah diakui sebagai salah satu situs global geopark oleh UNESCO. Dimana artinya, tempat ini memiliki kekayaan melimpah di bidang geologi, arkeologi, hingga budaya. Siapapun dapat menikmati semua detail yang dipajang di museum yang memiliki dua lantai ini.

Kamu bisa melihat berbagai koleksi menarik di sejumlah ruangan dengan beberapa tema, yakni keanekaragaman hayati, budaya dan juga auditorium. Di ruang auditorium kerap diputar film edukasi yang berkaitan dengan gunung api. Menariknya lagi, di tempat ini juga terdapat pos pengamatan yang bisa dikunjungi untuk mengamati pergerakan atau aktivitas vulkanik dari Gunung Batur.

4. Gunung Abang

Gunung lainnya yang juga menjadi primadonanya Bali selain Gunung Batur adalah Gunung Abang. Gunung yang memiliki ketinggian 2152 mdpl ini bakal membuatmu tertarik untuk mendaki gunung. Lantaran akan ada banyak pengalaman seru yang diperoleh. Bayangkan saja, kamu akan berjalan ditemani pepohonan rindang dan rerumputan hijau di sekelilingmu, belum lagi sampai di puncak saja landskapnya sudah sangat menyejukkan!

5. Hutan Pinus Glagah Linggah Lestari

Buat kamu yang suka dengan hutan pinus, cobalah untuk menjelajahi Hutan Pinus Glagah Linggah Lestari di Kintamani. Hutan yang memiliki udara yang sejuk dan segar ini lokasinya cukup mudah ditemukan, sebab dekat dengan lingkungan penduduk. Kamu bakal disiguhi suara serangga alam dan kicauan burung yang bersaut-sautan yang sulit ditemui di perkotaan. Pastinya bakal bikin betah karena membuat telinga dan hati terasa adem, cocok buat healing.

6. Toya Devasya Hotspring Waterpark & Camping Ground

Ada begitu banyak tempat wisata di Kintamani yang menyuguhkan pemandangan air panas. Salah satunya yang cukup terkenal yakni Toya Devasya Hotspring Waterpark & Camping Ground. Kolam pemandian air panas berbatasan langsung dengan Danau Batur, dan inilah yang jadi daya tarik utamanya.

Bukan hanya menawarkan fasilitas pemandian air panas saja, kamu pun juga bisa menjajal fasilitas berkemah di alam terbuka dan seru atau bisa juga menyewa vila yang bergaya minimalis. Selain itu, kamu juga bisa menikmati fasilitas olahraga air di sini seperti jetski sampai flyboarding. Ditambah lagi, ada petualangan seru naik jip dan mencoba offroad mengelilingi kaldera yang ada di Gunung Batur. Seru dan menantang!

7. Puncak Indrakila Trunyan

Tempat wisata di Kintamani ini disebut juga dengan Puncak Bukit Trunyan serta memiliki 2 jalur pendakian. Salah satunya yang cukup populer dimulai dari Desa Trunyan. Sebuah desa yang dikenal dengan tradisi penguburannya yang cukup unik. Sebelum menjelajahi bukit ini, tak ada salahnya juga buat berwisata sejenak dengan berkeliling Desa Trunyan!

8. Pura Segara Ulun Danu

Lokasi Pura yang dekat dengan kawasan Gunung Batur ini keral tampak diselimuti kabut. Kondisi ini justru menjadikan pemandangan di sekitarnya menjadi semakin eksotik dan menawan untuk dilihat. Pura ini kerap digunakan untuk mengadakan upacara religi, jika beruntung kamu pun bisa turut menyaksikan dan mengabadikan momennya.

9. Tirta Pancoran Solas di Pura Pelisan

Tempat wisata di Kintamani ini merupakan sebuah tempat pemandian yang dikenal dengan sebutan Tirta Pancoran Solas. Tempat ini berada di kompleks Pura Pelisan dan menjadi salah satu lokasi yang kerap dikunjungi untuk melakukan tradisi melukat, yakni sebuah tradisi membersihkan diri dan menyucikan pikiran.

Ada dua undakan pancuran di sini, pancuran bagian atas digunakan untuk upacara dan di bagian bawah merupakan pancuran untuk membersihkan spiritual atau disebut melukat. Jika berkunjung di beberapa waktu tertentu, tempat ini mungkin saja akan ramai pengunjung yang ingin melakukan melukat. Jadi jangan heran, ya.

Menarik sekali bukan? Demikian tadi informasi menarik tentang tempat wisata di Kintamani. Semoga bisa memberikan referensi tempat berlibur yang asyik dan seru di Pulau Bali. Happy holiday!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.