Liburan di Nusa Penida

Tips Liburan Hemat ke Pulau Nusa Penida

Menikmati pantai dengan pasir putihnya yang cantik, tebing-tebing karang yang tinggi di tepian lautnya yang birunya, hingga berswafoto di rumah pohon berlatar batuan karst, tentunya siapa yang bakal menolak? 

Anda akan menemukan banyak destinasi wisata seperti ini di Pulau Penida. Pulau kecil yang berada di sebelah tenggara pulau Bali ini hanya terpisah oleh Selat Badung.

Lantas berapa biaya yang harus dikeluarkan jika ingin berlibur kesini? Penasaran bagaimana mengatur keuangan selama liburan di pulau Nusa Penida? Simak beberapa tips hemat liburan ke Nusa Penida, khususnya buat Anda yang sudah ada di Bali.

Jangan lupa persiapkan tiket penyebrangan

Sebelum berangkat ke Nusa Penida, satu hal yang perlu diperhatikan adalah tiket penyebrangannya. Anda bisa menyeberang ke Nusa Penida dari Pelabuhan Sanur atau Pelabuhan Padang Bai dan tujuan akhirnya di Pelabuhan Banjar Nyuh.

Anda bisa menemukan banyak sekali agen fast boat di Pelabuhan Sanur dengan tiket penyebrangannya rata-rata Rp 75.000. Dengan waktu keberangkatan, dari jam 08.15, 10.45, dan 15.00 WITA.

Sementara jika menyebrang dari Pelabuhan Padang Bai, hanya ada dua kali penyeberangan. Yakni setiap jam 10 pagi dan jam 2 siang, dengan tiket sekitar Rp 36 ribu untuk dewasa dan Rp 26 ribu untuk anak-anak.

Agar tak kehabisan tiket maupun antrian yang panjang, ada baiknya untuk booking tiket lebih dulu. Paling tidak 2 hari atau minimal sehari sebelum waktu keberangkatan.

Jadi pastikan agar jangan sampai ketinggalan, ya!

Sewa kendaraan

Kendaraan sewa menjadi satu-satunya transportasi yang bisa Anda gunakan berkeliling di semua tempat di Nusa Penida. Sewa motor per hari untuk wisatawan domestik mulai dari RP 75 ribu.

Sementara untuk sewa mobil per harinya mulai dari Rp 500 ribuan. Harga tersebut bisa digunakan sebagai pedoman harga sewa kendaraan kendaraan Ika banyak yang menarik biaya lebih.

Satu hal lagi, biasanya harga sewa motor atau mobil tersebut sudah termasuk dengan biaya bahan bakarnya. Jadi pastikan bahan bakar kendaraan penuh sebelum menggunakannya untuk berkeliling.

Destinasi low budget

Ada begitu banyak objek wisata yang bisa anda kunjungi ketika berlibur di Nusa Penida. Akan tetapi jika Anda hanya berencana liburan sehari saja, maka cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat yang tak jauh dari Pelabuhan Banjar Nyuh.

Dari mulai, destinasi wisata Raja Lima yang juga dikenal sebagai Molenteng. Cukup 45 menit saja untuk menuju lokasi tersebut dengan biaya masuk sekitar Rp 5 ribu saja per orang.

Objek wisata alam ini berlokasi di Pejukutan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Ada banyak spot menarik yang bisa Anda temukan, seperti berfoto di rumah pohon dengan background pemandangan laut serta batuan karst-nya yang begitu cantik.

Atau bisa juga dengan mengunjungi Pantai Diamond dan Pantai Atuh yang lokasinya tak jauh dari Raja Lima. Lautnya yang biru menghiasi pantai berpasir putih, dan tebing batuan karang tentu akan membuat liburan di Nusa Penida tambah semakin menyenangkan.

Untuk memasuki ke kawasan Pantai Diamond dan Pantai Atuh cukup dengan membayar biaya masuk sekitar Rp 5 ribu saja per orang.

Memaksimalkan kunjungan

Setiap destinasi di Nusa Penida, masing-masing punya daya tariknya tersendiri. Tak perlu berpindah-pindah lokasi, karena ada banyak tempat untuk berfoto maupun menikmati alamnya di setiap objek wisata.

Jadi meski hanya berkeliling di satu lokasi saja, ada banyak spot dengan pemandangan bagus yang bisa Anda temukan Jadi tak masalah untuk menghabiskan waktu yang lama di satu destinasi saja.

Siapkan semua perlengkapan yang Dibutuhkan

Nusa Penida memiliki cuaca yang terbilang cukup sangat panas saat siang hari. Oleh karenanya, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya agar kulit Anda terlindungi dari sinar matahari, pakaian. Jangan lupa juga gunakan alas kaki yang nyaman.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting yakni bawa selalu air minum sendiri ketika bepergian. Sebab, umumnya harga minuman di lokasi objek wisata seperti ini cukup mahal. Dengan begitu, pengeluaran bisa lebih hemat.

Jika memungkinkan, bisa juga dengan membawa bekal makanan sendiri agar tidak perlu membeli ketika berada di sana.

Pastikan selalu untuk tepat waktu

Kunci liburan dengan hemat di Nusa Penida salah satunya dengan selalu tepat waktu. Pasalnya, ketika terlambat dan ketinggalan fast boat atau feri, bisa-bisa rencana liburan jadi kacau.

Sehingga, Anda mungkin harus menambah satu hari lagi untuk menunggu jadwal penyeberangan kapal hari berikutnya. Anda mungkin perlu menginap semalam lagi, meski ada banyak penginapan dengan harga yang terjangkau. Tapi jika Anda memesannya secara mendadak, selain belum tentu ada kamar juga bisa jadi harganya akan lebih mahal.

Nah, itu tadi beberapa tips liburan hemat di Nusa Penida. Anda bisa mencobanya ketika ingin jalan-jalan tetapi dompet tetap aman. Jika Anda merasa kewalahan mencari akomodasi dan paket liburan murah di Nusa Penida, langsung saja kunjungi situs Kutabalitour.com. Ada begitu banyak pilihan paket wisata ke Nusa Penida dengan harga terbaik. Semoga liburan Anda selalu menyenangkan, ya!

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.