pandawa

Pantai Pandawa Bali, Ini Aktivitas Seru dan Spot Foto yang Instagramable

Mau ke Pantai Pandawa Bali? Salah satu tempat wisata di Bali yang tidak jauh dari Pura Uluwatu adalah Pantai Pandawa. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 25 menit. Di destinasi wisata ini, Anda bisa melakukan segala macam aktivitas seru dan mengabadikan setiap momen di berbagai tempat menarik.

Sayangnya, pantai Pandawa ini kurang diminati wisatawan asing karena matahari sepertinya sering “mati”. Namun pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan domestik karena pasirnya yang bersih, air yang jernih dan harga makanan yang terjangkau.

Yang harus  kamu tau tentang Pantai Pandawa Bali

Kisah Dibalik Nama Pandawa Bali

Nama pantai ini sebenarnya bukan Pandawa, melainkan Pantai Melasti. Lokasi pantai yang jauh dari pemukiman penduduk, benar-benar terisolasi dan jarang dikunjungi wisatawan.

Dikombinasikan dengan medan yang harus Anda lalui untuk sampai ke Pantai Pandawa Kutuh, dan Bali cukup sulit. Padahal, keindahan pantai ini sungguh menakjubkan. Hingga akhirnya warga berinisiatif membuat kampung di kawasan tersebut.

Dengan bekerja sama, mereka berusaha menciptakan desa yang layak huni. Butuh waktu bertahun-tahun bagi mereka untuk akhirnya berhasil memecahkan tebing kapur dan memisahkannya untuk mendapatkan akses ke pantai.

Atas desakan warga tersebut, Pantai Melasti berganti nama menjadi Pantai Pandawa. Nama pantai ini terinspirasi dari kisah perjuangan para Pandawa lima. Bahkan, saat pantai tersebut diresmikan, mereka juga menggelar pertunjukan bernama Festival Pantai Pandawa.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Pandawa

Lokasi Pantai Kutuh Pandawa berada di pinggiran Desa Kutuh, Kabupaten Padang, Bali. Dibandingkan dengan lokasi pantai lainnya di Pulau Dewata, lokasi Pantai Pandawa cukup terpencil.

Sebab, Anda harus melewati dua tebing besar untuk sampai ke pantai ini. Karena itulah banyak wisatawan menyebutnya sebagai pantai rahasia. Namun, aksesnya relatif mudah dan Anda bisa memilih dua jalur alternatif, yaitu:

– Dari Pusat Kota

Jika Anda berada di dekat pusat kota, Anda dapat menggunakan jalan tol Bali Mandara dan mengikuti jalur Nusa Dua ke → belok kanan menuju Puja Mandala Nusa Dua → ikuti jalan utama hingga menemukan rambu menuju Pantai Pandawa Kutuh. → Kemudian belok kiri sampai Anda mencapai pantai.

– Dari Bandara Ngurah Rai

Sedangkan bagi anda yang menggunakan transportasi udara dari luar kota atau luar negeri. Dari Bandara Ngurah Rai, rute yang harus Anda tempuh adalah sebagai berikut:

Bandara Ngurah Rai → Belok kanan dan ikuti persimpangan jalan → Pizza Hut Jimbaran → Belok kanan dan lurus sampai sampai di Jalan Raya Kampus Unud → Jalan Goa Gong → Pertigaan Belok kiri menuju Jalan Dharmawangsa → Terus sampai ketemu bundaran Lalu pergi lurus sampai Anda mencapai pantai di sisi kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali

Begitu sampai di lokasi pantai Pandawa Kutuh, Anda akan melihat tempat parkir mobil yang sangat luas. Tarif parkir kendaraan yang berlaku adalah harga standar yaitu sepeda motor dengan bea masuk Rp 2 juta per sepeda motor dan Rp 5 juta untuk kendaraan roda empat.

Selain biaya parkir yang terjangkau, tiket ke lokasi pantai ini juga cukup terjangkau. Yakni Rp 10.000 per orang untuk turis domestik dan Rp 15.000 per orang untuk turis asing. Cukup murah dibandingkan dengan tiket ke pantai lain di Bali.

Aktivitas Seru dan Spot Foto Instagramable

pantai pandawa
pantai pandawa

Setiap pengunjung pasti mengenali keindahan alam Pantai Kutuh Pandawa yang mempesona. Tidak hanya itu, ada banyak aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai, antara lain:

– Rekreasi Watersport

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa adalah menikmati olahraga air (water sport). Mulai dari berenang, bermain kano, berselancar hingga snorkeling. Tidak perlu khawatir dengan peralatan karena semuanya sudah disediakan oleh pengelola.

– Berenang

Anda bisa menikmati panorama pantai yang indah sambil bermain air, terutama airnya yang jernih dan pasirnya yang putih bersih. Ombaknya yang relatif tenang membuat pantai ini aman untuk berenang.

– Berselancar

Selain berenang, Anda bisa menikmati keindahan alam pantai dengan berselancar. Apalagi di musim hujan, ombaknya tinggi namun stabil dan bagus untuk berselancar.

– Snorkeling

Aktivitas seru lainnya di Pantai Pandawa Kutuh adalah menikmati keindahan bawah laut. Pengelola wisata menyewakan peralatan snorkeling khusus bagi yang ingin menyelam.

– Bermain Kano

Bagi yang tidak ingin basah-basahan tapi ingin menikmati sejuknya angin di Pantai Pandawa, bisa bermain sampan yang sudah disediakan pengelola. Harga sewa kayak per jam untuk satu orang adalah Rp 25.000. Sedangkan sampan yang mampu menampung dua orang dibandrol dengan harga Rp 50.000 per jam.

– Patung Lima Ksatria Pandawa

Kegiatan seru lainnya adalah mengunjungi dan berfoto di lima patung ksatria Pandawa. Kelima patung tersebut terletak di antara dinding tebing tinggi yang menghadap ke pantai. Kelima arca tersebut adalah Arjuna, Bima, Udisthira, Nakula dan Sadewa. Ada juga patung Dewi Kunti, ibu para Pandawa.

– Budidaya Rumput Laut

Di sisi barat Pantai Pandawa Kutuh, Anda akan menemukan banyak petani rumput laut yang melakukan kegiatan antara lain menanam, mengikat benih, menjemur dan memanen rumput laut. Selain menangkap kegiatan tersebut, Anda juga bisa belajar dari petani cara menanam rumput laut.

– Bermain Paragliding

Bagi penggemar olahraga ekstrim, cobalah paralayang atau paralayang di Bukit Timbis. Dengan aktivitas ini, Anda bisa menikmati sejuknya angin sambil menjelajahi keindahan Pantai Pandawa dari udara.

Perlengkapan paralayang ini disewakan per pack mulai dari Rp 400.000 per orang. Sebagai saran, waktu terbaik untuk “terbang” adalah pada sore atau malam hari saat cuaca mendukung.

– Pijat Tradisional

Setelah seharian beraktivitas, rilekskan dan manjakan tubuh Anda dengan layanan terapis pijat di dekat Pantai Kutuh Pandawa. Harga yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 130.000, tergantung durasi dan jenis pijat yang Anda pilih.

– Menikmati Kuliner dan Berburu Souvenir Unik

Di pantai Pandawa ini, Anda juga bisa mencari makanan khas pantai seperti meminum kelapa muda atau menikmati makanan khas pantai Pandawa yang lezat. Selain itu, Anda juga bisa mencari oleh-oleh yang cantik dan unik seperti baju, kain atau kerajinan khas Bali.

Kegembiraan bermain kano

Bagi yang lebih menyukai liburan pantai yang sejuk dan bersih, Pantai Pandawa Kutuh adalah pilihan terbaik di pulau Bali. Anda dapat melakukan segala macam aktivitas menyenangkan dan mengabadikannya untuk dipamerkan di akun Instagram Anda.

Untuk menuju tempat wisata pantai pandawa ini sangat mudah karena jalan menuju lokasi sangat bagus dan mudah di akses melalui google maps jika menggunakan bantuan google. Anda bisa menggunakan berbagai macam transportasi sesuai dengan minat Anda, mulai dari yang paling murah ojek, taksi, mobil dengan sopir atau sewa mobil dengan sopir.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.