pantai keramas gianyar

Pantai Keramas Gianyar, Favorit Pecinta Olahraga Surfing

Pantai Keramas Gianyar, adalah salah satu tempat Favorit Pecinta Olahraga Surfing di Bali. Indonesia memiliki segudang tempat wisata yang memesona untuk dikunjungi start dari wisata alam, wisata sejarah, sampai wisata kekinian yang instagramable. Salah satu pulau di Indonesia yang terkenal di kalangan wisatawan baik wisatawan domestik ataupun mancanegara adalah Pulau Bali. Pantai Keramas adalah salah satu tempat wisatanya.

Di Pulau Bali terdapat beberapa area yang recommend dijadiin menjadi sebagai tujuan wisata dan selalu ramai dikunjungi wisatawan dari luar area atau luar negeri. Adapun area yang dimaksud antara lain Seminyak, Canggu, Kuta, Gianyar, Jimbaran, Ubud, dan lain sebagainya. Pantai yang memiliki nama unik ‘Keramas’ terletak di area Gianyar, Bali.

Mungkin tidak banyak yang familiar dengan pantai ini. Namun, karena keunikan namanya inilah justru menjadikan banyak yang penasaran dengan sejarah asal muasal namanya dan bagaimana pemandangan yang ada disini. Oleh karena itu, wisata ini bisa masuk ke dalam daftar lokasi liburan saat kamu merencanakan berwisata di area Gianyar.

Daya Tarik Wisata Pantai Keramas

1. Memiliki Asal Usul Nama uang Unik

Nama ‘Keramas’ yang disematkan pada pantai tersebut berawal dari dipakainya lokasi pantai sebagai tempat sekumpulan kura-kura yang memiliki warna emas bertelur. Awalnya, nama pantai ini adalah pantai Kuramas (kura-kura emas). Terkait dengan perubahan namanya juga mempunyai sejarahnya tersendiri.

Dimana saat itu seiring dengan berlangsungnya waktu, sekumpulan kura-kura emas tidak lagi datang ke pantai ini, malah digantikan dengan hadirnya kera yang berwarna emas. Sesampai nama pantai berubah menjadi Pantai Keramas Bali. Hingga saat ini, sejarah asal-usul nama menjadi daya tarik tersendiri dan didukung dengan keelokannya.

2. Mempunyai Banyak Nama dan Julukan

Selain dinamakan Kuramas lalu berubah menjadi Keramas, pantai tersebut ternyata juga memiliki banyak nama lain dan julukan. Hal ini dikarenakan diini ada 4 lokasi pantai dengan nama yang tidak sama satu sama lain. Pantai pertama adalah Pantai Keramas I yang adalah julukan nama untuk Pantai Betuas.

Kemudain ada Pantai Selukat yang dijuluki sebagai Pantai Keramas II. Dinamai Pantai Selukat karena ada Pura Selukat yang terletak di sekamir area pantainya. Ada juga Pantai Sesa yang memiliki julukan Keramas III. Yang terakhir adalah Keramas IV. Itulah sebabnya wisatawan berminat menyambangi pantai tersebut.

3. Merupakan Tempat Surfing Favorit di Gianyar

Ketika datang keini, jangan heran jika ada banyak wisatawan mancanegara yang sedang melakukan aktifitas olahraga surfing. Pantai Keramas ini termasuk salah satu lokasi favorit untuk pecinta surfing, terutama para peselancar kelas dunia. Ini menjadi salah satu keunggulan sekaligus daya tarik yang dimiliki pantai ini.

Ketinggian ombaknya amat ideal untuk bermain surfing adalah lebih 2 mtr. Selain sebagai tempat wisata, pantai yang dikelilingi Pantai Purnama, Pantai Saba, Pantai Manyar, Pantai Gumincik, hingga Pantai Pabean ini juga kerap dipakai untuk lokasi kejuaraan surfing baik skala regional, nasional, bahkan hingga dengan skala internasional.

Nama Pantai Keramas mendunia sesudah dipakai untuk lokasi diadakannya kegiatan Kejuaraan Bali Pro di tanggal 27 Mei sampai 9 Juni 2018 yang lalu. Kejuaraan ini juga diikuti kurang lebih 51 surfer unggulan yang berasal dari Indonesia dan hingga beberapa negara asing seperti Portugal, Jepang, dan Amerika Serikat.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Sesuai namanya, lokasi pantai terletak di Desa Keramas. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk bisa nikmati pemandangan indah pantai yang terletak di Kabupaten Gianyar, tepatnya di area Blahbatu ini. Akses kearah ke lokasi tergolong amat gampang dikarenakan lokasinya ada di jalur By Pass Ida Bagus Mantra.

Lokasinya strategis karena jalur yang dilewati adalah jalur yang sama untuk kearah ke Taman Ujung atau Pantai Candidasa yang terletak di area Bali bagian timur. Perjalanan dari Jimbaran atau Bandara Ngurah Rai membutuhkan waktu sekamir 1 jam. Rute yang bisa dilalui adalah Jln. Tol Bali Mandara sampai sampai di perempatan yang ada di Persanggaran.

Agar bisa sampai ke Pantai Keramas, wisatawan harus berbelok ke arah kanan yang akan membawa mereka ke area Sanur atau By Pass Ngurah Rai. Selanjutnya adalah mengikuti jalan sampai By Pass Ida Bagus Mantra.

Wisatawan yang berangkat dari titik lokasi kota Denpasar, membutuhkan waktu tempuh perjalanan kearah ke lokasi sekamir 30 menit. Sepjg perjalanan, wisatawan bisa berhenti sejenak untuk nikmati wisata belanja di Pasar Seni Guwang atau Pasar Seni Sukawati sebelum kearah ke lokasi. Dari Kabupaten Badung, jarak kearah ke lokasi adalah sekamir 29km.

Harga Tiket Masuk Pantai Keramas

Wisatawan yang berminat menghabiskan waktu liburan disini, budget yang harus disediakan adalah sekamir Rp 250rb per hari. Dari harga tersebut, wisatawan bisa menukarkannya dengan masakan pizza berukuran jumbo dan minuman air mineral.

Selain itu, wisatawan yang ingin bermain surfing bisa sewa kelengkapan yang ada di area pantai, start dari Rp 50rb.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.